Minum Kopi Gak Cuma Bikin Melek, Namun Juga Pengaruhi Panjang Umur Anda – FAJAR health
Healthy Drink

Minum Kopi Gak Cuma Bikin Melek, Namun Juga Pengaruhi Panjang Umur Anda

Photo source: pixabay.com

FAJAR HEALTH – Tahukah Anda bahwa kebiasaan Anda meminum kopi tidak hanya sekedar menjaga Anda dari rasa kantuk namun lebih dari itu?

Menurut dua studi dari Inggris dan Amerika, ditemukan bahwa meminum kopi setiap hari dapat membuat Anda hidup 16 lebih lama dibandingkan mereka yang tidak meminum kopi, tak peduli itu kopi berkafein atau tanpa kafein.

Tidak hanya itu, semakin banyak kopi yang diminum setiap harinya, dapat mengurangi resiko seseorang meninggal dunia dari berbagai macam sebab jika dibandingkan mereka yang tidak minum kopi sama sekali.

Temuan yang dirilis pada jurnal Annals of Internal Medicine belum lama ini sejalan dengan temua studi-studi sebelumnya yang berhasil melihat adanya koneksi antara konsumsi kopi dalam jumlah yang tinggi dengan berkurangnya resiko kematian.

Namun perlu dicatat, bahwa kebiasaan meminum kopi juga memberikan efek negatif tersendiri. Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh International Agency for Research on Cancer (IARC), kebiasaan meminum kopi dalam keadaan panas bisa saja memicu pertumbuhan sel kanker pada tubuh.

Jenis kanker yang dimaksud, menurut IARC, adalah kanker esofagus, saluran yang menghubungkan saluran tenggorokan ke lambung. Resiko ini muncul ketika manusia mengkonsumsi minuman dengan suhu diatas 65 derajat celsius.

Sebab itu, amat disarankan bagi Anda untuk tidak segera menyeruput minuman kesayangan Anda di saat suhunya masih terlalu panas.(ruf/fajar)

Sumber: LiveScience.com

loading...

Most Popular

To Top