5 Penyebab Bau Mulut yang Gak Ada Hubungannya dengan Bakteri – FAJAR health
News Update

5 Penyebab Bau Mulut yang Gak Ada Hubungannya dengan Bakteri

image created by Nensuria - Freepik.com

FAJAR HEALTH – Mulut setiap orang, siapa pun itu, pastinya tidak lepas dari yang namanya bau napas. Namun, bau napas yang dihasilkan oleh mulut Anda tidak selalu berarti ada yang salah dengan kehigienisannya.

Selain disebabkan oleh bakteri mulut, ada beberapa penyebab lainnya mengapa mulut seseorang mengluarkan aroma tertentu. Dari aroma ini, dapat diperkirakan, masalah kesehatan apa yang sedang dialami seseorang.

Berikut ini beberapa jenis penyakit yang mempengaruhi bau napas Anda yang wajib perlu diketahui:

1. Diabetes
Mereka yang menderita diabetes umumnya memiliki napas berbau buah-buahan. Gula dalam aliran darah anda normalnya mengalir menuju sel darah ketika butuh pasokan energi. Ketika itu tidak terjadi, maka akan terjadi peningkatan gula pada darah yang akan menghasilkan ketones yang menyebabkan bau buah tersebut.

2. Pneumonia dan kanker
Bau busuk pada nafas menandakan bahwa seseorang memiliki masalah dengan lambungnya. Penyakit yang berkaitan dengan kondisi ini adalah pneumonia juga kanker.

3. Amandel
Napas Anda bau seperti layaknya popok bayi? Bisa jadi penjahatnya adalah batu amandel. Bakteri dan ampas yang tersangkut pada amandel adalah penyebab terbentuknya batu amandel.

4. Intoleransi laktosa
Nafas susu basi menunjukan seseorang terkena intoleransi laktosa yang biasanya ditunjukan dengan gejala seperti diare, keram-keram, dan suka buang angin.

5. Alergi dan gangguan sinus
Jika bau nafas anda seperti bau bau kamper, bisa jadi anda memiliki masalah alergi, post-nasal drip atau mungkin infeksi sinus. Ketika anda terkena masalah sinus yang kronis, bakteri di dalam mulut dapat merubah protein pada ingus menjadi senyawa bernama skatole.

(ruf/fajar)

Sumber: Fox News

loading...

Most Popular

To Top