Olesan Pasta Gigi untuk Atasi Jerawat, Fakta atau Mitos? – FAJAR health
News Update

Olesan Pasta Gigi untuk Atasi Jerawat, Fakta atau Mitos?

Photo source: pixabay.com

FAJAR HEALTH – Anda mungkin pernah mendengar tentang cara mengatasi jerawat dengan hanya menggunakan pasta gigi. Namun pernahkah Anda bertanya tentang kebenaran tips tersebut?

Beberapa di antara Anda mungkin ada yang skeptis namun ada juga yang membenarkannya. Namun bagaimana jika dilihat dari kacamata ahli?

Well, menurut Joshua Zeichner, M.D., dermatolog dari RS Mount Sinai di New York, penggunaan pasta gigi untuk mengatasi jerawat memang memberikan manfaat tersendiri.

“Pasta gigi sudah sejak lama digunakan untuk mengatasi jerawat karena dulunya mengandung bahan bernama triclosan, antimikrobial yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat,” kata Dr. Zeichner seperti dikutip dari MensHealth.com (7/8/2017).

Masalahnya, beberapa studi menunjukan bahwa triclosan ternyata adalah bahan yang kontroversial. Penggunaan bahan ini pada pasta gigi dikaitkan dengan terjadinya gangguan hormon pada tubuh. Sehingga, pasta gigi, khususnya dewasa ini, tidak lagi menggunakannya.

Namun, kata Dr. Zeichner, penggunaan pasta gigi masih bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kulit di wajah ini, selama pasta gigi tersebut menggunakan baking soda dan alkohol sebagai bahannya.

“Pasta gigi masih dapat membantu mengeringkan jerawat dan bahkan bisa mengurangi ukuran jerawat yang memerah itu,” jelas dia.

Namun Zeichner menambahkan bahwa penggunaan pasta gigi hanya dianjurkan sebagai solusi terakhir serta menghindari penggunaan jenis pasta gigi yang menggunakan pemutih tambahan, mouthwash atau warna. Karena jenis pasta gigi seperti ini, menurut dia, hanya akan memperburuk iritasi jerawat Anda.(ruf/fajar)

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top