Waspadai 6 Ciri Rusaknya Fungsi Hati – FAJAR health
Warning

Waspadai 6 Ciri Rusaknya Fungsi Hati

Photo source: pixabay.com

FAJAR HEALTH – Tubuh manusia memiliki 5 organ paling vital yang dibutuhkan untuk hidup. Selain otak, jantung, paru-paru dan ginjal, hati adalah salah satu organ paling vital tersebut.

Hati sendiri adalah filter built-in yang berfungsi menyaring dan menyingkirkan toksin dari tubuh. Tanpa kerja hati yang normal, sudah bisa dipastikan dampaknya terhadap tubuh tidaklah main-main.

Mengenali gejala awal penyakit hati dapat mencegah terjadinya kondisi yang lebih serius, karenanya, waspadai 6 ciri penyakit hati seperti diambil dari Prevention berikut ini:

1. Sakit di area perut

Rasa nyeri atau pembengkakan yang terjadi pada bagian kanan atas perut bisa menandakan ada yang salah dengan hati Anda, kata Bruce Bacon, MD, profesor internal medicine di St. Louis University School of Medicine, AS.

2. Mata atau kulit yang menguning (penyakit kuning)

Ketika tubuh memecah sel darah tua, salah satu produk sampingan yang dihasilkan proses itu adalah zat kekuningan bernama bilirubin. Pada hati yang sehat, bilirubin dapat dengan mudah disaring, namun ketika fungsi hati bermasalah, akan terjadi penumpukan bilirubin di dalam darah dan menyebabkan kulit dan mata menguning. “Urine yang gelap dan poop yang pucat juga tanda penyakit kuning,” jelas ahli penyakit hati Jamile Wakim-Fleming, MD dari Clevelend Clinic.

3. Nyeri, mual dan lelah

Nyeri sendi, mual-mual, muntah, kelelahan dan kehilangan napsu makan adalah beberapa gejala yang juga ditunjukan ketika hati bermasalah, lebih tepatnya hepatitis autoimune. Kondisi ini dipicu kesalahan yang terjadi pada sistem kekebalan tubuh yang justru menyerang sel-sel dan jaringan hati. Menurut National Institutes of Health, kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita ketimbang pria.

4. Bercak noda pada kulit

Ketika hati Anda tidak membersihkan darah sebagaimana mestinya, dapat memicu terjadinya pembekuan darah pada permukaan kulit, kata Wakim-Fleming. Kondisi bernama “spider angiomas” ini biasanya terjadi di batang tubuh seperti dada, punggung dan perut.

5. Kebingungan

Hati yang sakit dapat menyebabkan penumpukan tembaga pada darah dan otak. Ini dapat menyebabkan kebingungan, kondisi yang juga ditunjukan penderita Alzheimer. Ini juga menandakan gangguan hati telah memasuki tahap yang lebih serius.

6. Pemborosan otot

Perut yang membesar atau pembengkakan pada pergelangan kaki diikuti dengan kaki yang mengecil dan melemah atau dikenal dengan istilah pemborosan otot, merupakan ciri yang ditunjukan penyakit hati. Menurut Wakim-Fleming, kondisi ini juga dapat terjadi pada pipi dan sekitar pelipis, ciri yang menandakan tahap akhir dari penyakit hati.

(ruf/fajar)

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top