Vitamin Penting yang Sering Terabaikan Ini Sebabkan 7 Gangguan Kesehatan – FAJAR health
Warning

Vitamin Penting yang Sering Terabaikan Ini Sebabkan 7 Gangguan Kesehatan

Photo source: pixabay.com

FAJAR HEALTH – Vitamin B12 adalah salah satu vitamin yang penting bagi tubuh manusia. Sayangnya vitamin yang satu ini kerap dianggap remeh atau terabaikan.

Padahal, jika kerungan vitamin ini, dampaknya terhadap tubuh terbilang serius. Sebab itu, penting untuk menyadari jika ada yang salah dengan tubuh Anda dan kaitannya dengan defisiensi vitamin B12.

Berikut 7 tanda-tanda kekurangan vitamin B12 yang perlu Anda waspadai seperti diambil dari The Bored Mind:

  1. Otot melemah

Kombinasi antara kurang oksigen ditambah dengan defisiensi B12 dapat otot yang melemah.

  1. Pusing

Kepala pusing ringan hingga vertigo bisa menjadi tanda kurangnya vitamin B12 di dalam tubuh, Anda dapat mengalami pusing ketika berdiri, berjalan menaiki dan menuruni tangga atau saat Anda terbangun dari duduk.

  1. Pelupa

Lupa akan hal-hal kecil pada aktivitas harian Anda tidak selalu menandakan pikun. Kekurangan vitamin B12 juga adalah pemicunya.

  1. Gangguan pengelihatan

Kekurangan vitamin B12 dalam waktu lama dapat menyebabkan perubahan hingga kerusakan pada indera pengelihatan. Bahkan, meski jarang, neuropati optik juga bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin B12.

  1. Kulit pucat

Kekurangan vitamin B12 juga dapat menyebabkan kulit menjadi pucat. Hal ini disebabkan oleh tingginya produksi bilirubin, pigmen kuning yang terdapat dalam air kencing, feses, dan darah.

  1. Sensasi tertusuk jarum dan mati rasa

Paraesthesia, nama kondisi ini juga disebabkan oleh kurangnya vitamin B12 di dalam tubuh. Biasanya terjadi pada area kaki, tangan namun bisa juga di bagian tubuh lain.

  1. Mudah letih

Tidur tidak menghilangkan letih yang Anda rasakan dan ini terjadi secara konstan, waspada, ini ciri dari tubuh yang kekurangan vitamin B12. Hal ini dipicu oleh berkurangnya produksi eritrosit pada tubuh, menyebabkan masalah pada sirkulasi oksigen yang seharusnya diterima organ-organ tubuh.

Untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin B12, konsumsi makanan berikut ini sangat dianjurkan:

  • Hati ayam
  • Daging sapi (tenderloin)
  • Ikan Salmon, herring, sarden, tuna trout
  • Yogurt organik
  • Ayam kalkun
  • Susu sapi segar
  • Daging domba

(ruf/fajar)

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top