Bahaya Tidur Siang yang Tidak Disadari Orang Banyak – FAJAR health
Warning

Bahaya Tidur Siang yang Tidak Disadari Orang Banyak

Photo source: pixabay,com

FAJAR HEALTH – Tidur siang, baik atau buruk untuk kesehatan Anda? Jawabannya mungkin tidak seperti yang Anda pikirkan sebelumnya.

Beberapa studi telah menunjukan bahwa jika Anda sering kali merasa bahwa tubuh Anda membutuhkan tidur siang, maka hal ini dapat menandakan masalah kesehatan di kemudian hari. Sebut saja resiko terkena diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskuler hingga kematian.

Pada studi tahun 2014 yang dirilis pada American Journal of Epidemiology disebutkan bahwa tidur siang lebih dari 1 jam atau lebih setiap harinya dapat meningkatkan resiko kematian hingga 32 persen.

Direktur Sleep and Health Research Program di University of Arizona Michael Grandner, Ph.D., mengatakan bahwa tidur siang biasanya disebabkan oleh kualitas tidur yang buruk di malam harinya dan tidak mampu untuk tetap terjaga di siang harinya.

Jika tidur siang selama 60 menit atau lebih adalah hal yang buruk untuk dilakukan, Grandner menyarankan power nap (20 hingga 30 menit) yang ia sebut mampu memberikan manfaat terhadap performa tubuh.

Jika power nap memiliki manfaat dan restoratif, tidur lebih dari satu jam, kata Grandner hanya akan menempatkan tubuh dan otak masuk ke dalam fase tidur nyenyak. Anda akan merasakan sensasi pening saat terbangun nantinya.

Selain itu, tidur siang yang lama juga dapat merusak jam internal tubuh, mengakibatkan terganggunya selera makan dan tingkat energi tubuh dan hanya akan membuat Anda semakin sulit untuk tidur di malam harinya.(ruf/fajar)

Sumber: MensHealth.com

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top