6 Jenis Makanan yang Lebih Kaya Vitamin A Dibanding Wortel – FAJAR health
Healthy Foods

6 Jenis Makanan yang Lebih Kaya Vitamin A Dibanding Wortel

Photo source; pixabay.com

FAJAR HEALTH – Vitamin A sangatlah vital untuk optimasi kerja mata dan berfungsi mencegah berbagai macam masalah kesehatan seperti mata kering, inflamasi dan rabun.

Adapun konsumsi Vitamin A yang dianjurkan oleh para ahli untuk manfaat sehatnya adalah 5000 IU. Namun sudahkah Anda mengkonsumsi sesuai yang dianjurkan?

Jika sejak dulu kecil Anda diajarkan untuk mengkonsumsi worter, tomat, pepaya untuk mata yang sehat, namun itu tidak berarti bahwa Anda hanya harus mengkonsumsi ketiganya demi memenuhi kebutuhan Anda akan vitamin ini.

Berikut beberap konsumsi makanan dengan kandungan vitamin A lebih tinggi dari ketiga sumber makanan di atas seperti diambil dari FitHacker.me:

1. Hati sapi

Photo source: pixabay.com

TIdak hanya kaya akan vitamin A, liver atau hati sapi juga kaya vitamin C dan dapat membantu mengatasi animea. 100 gram (135 kalori) konsumi hati sapi dapat memenuhi 300 NGH.

2. Ubi jalar

Photo source: pixabay.com

Ubi jalar sangat kaya akan gizi dan memiliki rasa yang lezat. Konsumsi ubi jalar yang cukup dapat memenuhi 438 persen (103 kalori) NGH.

3. Liver ikan kod

Photo source: pixabay.com

Anda dapat mengkonsumsi liver ikan kod dalam dua jenis, baik cairan ataupun kapsul. Satu sendok makan minyak ikan kod menawarkan 280 persen NGH.

4. Hati ayam kalkun

Photo source: pixabay.com

Ini mungkin sumber makanan dengan kadar vitamin A tertinggi yang bisa Anda temukan di pasaran. Dari 100 gram hati ayam kalkun Anda dapat memenuhi 1507 persen NGH.

5. Labu madu

Photo source: pixabay.com

Butternut squash atau labu madu sangat kaya akan betakarotin, yang jika dikonsumsi akan berubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Satu mangkuk berisikan potongan labu madu menawarkan 400 persen NGH.

6. Kale

Photo source: pixabay.com

Sayur kale menawarkan begitu banyak manfaat kesehatan dan juga merupakan pilihan yang baik untuk memenuhi kebutuhan anda akan vitamin A. Satu cangkir kale menawarkan 206 persen NGH.

*Ket: Nilai gizi harian wortel 200 persen, tomat 20 persen dan pepaya 29 persen

(ruf/fajar)

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top