Yang terjadi Ketika Anda Overdosis Serat – FAJAR health
Warning

Yang terjadi Ketika Anda Overdosis Serat

Photo source: MNN.com

FAJAR HEALTH – Fiber atau serat memiliki kemampuan untuk menurunkan kolesterol dalam darah, menyehatkan sistem pencernaan dan membantu Anda menurunkan berat badan.

Akan tetapi, bukan berarti konsumsi serat berlebih dapat membuat Anda menjadi pribadi yang jauh lebih sehat, justru malah sebaliknya. Karena pada dasarnya, apa yang berlebih tidaklah pernah berakhir dengan baik.

“Ketika Anda mengkonsumsi terlalu banyak serat, itu justru dapat menyerang Anda balik,” kata Keri pakar diet Glassman R.D.

Mengalami overdosis akan serat, sambung Glassman, justru dapat menyingkirkan gizi penting lain yang juga dibutuhkan oleh tubuh lebih cepat dibandingkan tubuh yang normal.

Jika hal ini terjadi maka konstipasi pun tidak dapat terhindarkan. Ini, sambungnya lagi, adalah efek dari air yang diserap oleh serat yang  memperlambatya kerja sistem pencernaan dan menyebabkan apa yang ia sebut sebagai “traffic jam of waste” atau penumpukan sisa makan pada usus kecil.

Dan tidak cuma itu, efek samping yang disebabkan oleh kelebih serat juga ditandai dengan terjadi kembung pada perut juga diare.

Tidak ingin terjadi pada Anda, pastikan untuk menjaga konsumsi serat Anda dengan memperhatikan jenis makanan yang Anda konsumsi.

Adapun beberapa makanan yang kaya akan serat adalah seperti :

1. Brokoli
2. Bayam
3. Kangkung
4. Buncis
5. Daun Selada
6. Timun Jepang
7. Seledri
8. Pare
9. Paprika
10. Wortel
11. Kentang
12. Apel
13. Pisang
14. Pir
15. Alpukat
16. Pepaya
17. Jambu Biji Merah
18. Buah Berry
19. Buah Kiwi
20. Tomat
21. Mangga
22. Nanas
23. Jagung
24. Gandum
25. Beras Merah
26. Kacang Hijau
27. Edamame
28. Kacang Merah
29. Kacang Polong
30. Oatmeal
31. Gandum

(ruf/fajar)

Sumber: WomensHealthMag.com, Hellosehat.com

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top