Waspada! Produk Pembersih di Rumah Anda Ini Picu Penyakit Kronis – FAJAR health
Warning

Waspada! Produk Pembersih di Rumah Anda Ini Picu Penyakit Kronis

image created by Yanalya - Freepik.com

FAJAR HEALTH – Chronic Obstructive Pulmonary Disease atau disingkat COPD adalah salah satu jenis penyakit yang menyerang mereka yang berusia di atas 35 tahun. Kondisi ini biasanya disertai dengan emfisema dan bronkitis.

Penyabab utama dari COPD sendiri adalah kebiasaan merokok. Namun menurut hasil penelitian terbaru, produk disinfektan yang biasa digunakan sebagai pembersih.

Menurut studi Harvard University dan French National Institute of Health and Medical Research (Inserm), ditemukan bahwa bleach, produk yang biasa Anda gunakan untuk membersihkan kamar mandi dan furnitur, dapat meningkatkan resiko seseorang, terkena COPD hingga 32 persen.

Data ini didapat dari menganalisa lebih dari 55 ribu perawat di Amerika Serikat yang terekspos disinfektan tertentu, termasuk bleach, hidrogen peroksidan, alkohol dan quat.

“Kami adalah yang pertama melaporkan adanya kaitan antara disinfektan dan COPD dilingkungan dunia kesehatan dan akan menginfestigasi kimia tertentu yang mendasari kondisi ini,” kata peneliti Inserm Dr. Orianne Dumas seperti dikutip dari Express.co.uk (11/9/2017).

Para ahli yang terlibat dalam penelian ini mengatakan bahwa penelitian lebih lanjut sangat dibutuhkan untuk menjelaskan dampak penggunaan disinfektan ini sebagai produk rumahan.

Adapun ciri dari COPD sendiri adalah seperti batuk kronis yang dapat bertahan hingga berbulan-bulan, napas mendecit, napas pendek, sakit dada kronis hingga batuk darah.

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top