Cara Berhenti Makan Junk Food, Cukup dengan Mengunyah Ini – FAJAR health
Healthy Foods

Cara Berhenti Makan Junk Food, Cukup dengan Mengunyah Ini

Photo source: pixabay.com

FAJAR HEALTH – Junk food atau makanan cepat saji dewasa ini sudah menjadi bagian dari hidup kebanyakan orang, meski mereka menyadari bahwa mengkonsumsinya bukanlah hal yang baik untuk dilakukan.

Sebut saja obesitas, hipertensi hingga masalah jantung adalah beberapa masalah kesehatan yang dapat dapat menghampiri mereka yang gemar mengkonsumsinya.

Tidak hanya itu, kebiasaan makan makanan cepat saji, bagi sebagian orang, ternyata sulit untuk dihentikan. Namun, bukan berarti tanpa solusi, malahan solusinya mungkin tidak sesulit yang Anda pikir.

Menurut penulis buku The Good Mood Kitchen Leslie Jorn, Ph.D., ada cara yang tak biasa dan mungkin sulit dinalar namun efektif untuk dipraktekan.

Kepada New York Post ia mengatakan bahwa hanya dengan memakan satu butir kismis (dikunyah selama beberapa menit), dapat membantu Anda mengatasi keinginan Anda untuk makan junk food.

Menurut dia, dengan mengunyah kismis, maka akan memicu reaksi pada jantung dan meningkatkan GABA, neurotransmiter yang dapat menurunkan rasa gelisah yang muncul ketika mereka yang ketagihan junk food belum mengkonsusmi makanan favoritnya itu.

“Latihan kismis ini menyatukan kesadaran dan kemampuan kita untuk mengambil alih kontrol atas reaksi otomatis kita (tubuh manusia),” kata dia.

Caranya, lanjut Korn, adalah dengan menimati aroma yang dikeluarkan kismis dengan indera penciuman Anda. Kemudian, kunyah dan nikmati kismis di dalam mulut secara perlahan dan pastikan Anda tidak terburu-buru menelannya. Kunyah kismis hingga menjadi kepingan kecil sebelum ditelan. Setelah itu, tanyalah di Anda sendiri apakah Anda masih merasa lapar.(ruf/fajar)

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top