Anda Pantang Konsumsi Jahe jika Punya 4 Kondisi Ini – FAJAR health
Warning

Anda Pantang Konsumsi Jahe jika Punya 4 Kondisi Ini

Photo source: pixabay.com

FAJAR HEALTH – Tidak ada yang menyangkal manfaat luar biasa jahe terhadap kesehatan. Bahkan para ahli pun mengakui apa yang ditawarkan tanaman herbal ini.

Sebut saja detoksifikasi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu melancarkan dan mengatasi masalah pencernaan adalah sedikit dari manfaat luas konsumsi jahe bagi tubuh manusia.

Kendati demikian, manfaat jahe ternyata menjadi counter produktif jika dikonsumsi oleh mereka dengan kondisi kesehatan tertentu. Berikut ini 4 kondisi di mana konsumsi jahe sangat tidak anjurkan seperti diambil dari Fit Hacker:

1. Kelainan darah

Konsumsi jahe dapat meningkatkan kelancaran aliran darah dalam tubuh, karenanya sangat baik untuk mengatasi obesita, penyakit Raynaud dan penyakit peripheral artery. Namun bagi mereka yang menderita hemophilia, kelainan darah yang ditandai dengan ketidakmampuan tubuh untuk membekukan darah ketika terjadi luka.

2. Anda mengkonsumsi resep obat tertentu

Mereka yang mengkonsumsi obat untuk mengatasi diabetes dan tekanan darah tinggi sangat dianjurkan untuk menghindari jahe karena dapat mempengaruhi efek insulin, beta-bloker dan antikoagulan dan bertindak sebagai pengencer darah dan mengakibatkan terjadinya penurunan tekanan pada darah.

3. Berat badan Anda kurang

Jahesangat kaya akan serat yang salah satu fungsinya untuk meregulasi pH alami pada perut, memicu sekresi pada enzim pencernaa, dan mendorong pembakan lemak tubuh. Mengkonsumsi jahe bagi mereka yang memiliki berat badan di bawah normal dapat memicu kerontonkan rambut, berkurangnya massa tubuh, hilangnya napsu makan dan gangguan menstruasi pada wanita.

4. Wanita hamil

Jahe dapat membantu memperkuat otot dan membantu pencernaan, namun tidak dianjurkan bagi wanita hamil karena dapat menyebabkan kontraksi uterine dan kelahiran prematur. Hindari jahe terlebih pada trisemeter akhir dari kehamilan.

(ruf/fajar)

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top