Tanpa Peringatan, SADS Renggut Nyawa Gadis Belia Ini – Fajar Health
News Update

Tanpa Peringatan, SADS Renggut Nyawa Gadis Belia Ini

photo source: Olivia Woodward Facebook

FAJAR HEALTH – Seorang mahasiswi dari Sheffield Hallam University di Inggris bernama Olivia Mae Woodward ditemukan tewas tak bernyawa di aula gedung kampusnya awal pekan ini.

Penyebab meninggal dunianya mahasiswi cantik berusia 19 tahun itu akibat serangan Sudden Adult Death Syndrome atau SADS, sebuah kondisi yang menyebabkan serangan jantung fatal yang tidak diikuti oleh gejala awal seperti serangan jantung pada umumnya.

Kejadian ini membuat sang ibu, Lisa Woodward, merasa sangat terpukul. Masih segar diingatannya betapa putri tercintanya itu begitu bersemangat kembali ke kampus di tahun keduanya itu.

“SADS adalah penyakit yang tidak disadari khalayak, karenanya kami ingin menyadarkan masyarakat atas hal ini. Kami ingin masyarakat tahu akan hal ini,” kata lisa seperti dikutip dari Daily Mail Online (29/9/2016).

Atas kejadian ini, orang tua mendiang Olivia berjanji untuk meningkatkan kesadaran masyarakat atas SADS mengumpulkan dana untuk badan amal Cardiac Risk in the Young disingkat Cry. Kekasih Oliva, Charlie dan adiknya Annabelle pun dikabarkan ikut aktif membantu melalui penggalangan dana online untuk Cry ini.

Cry menyebutkan, setidaknya 12 remaja di Ingrris meninggal dunia akibat penyakit jantung yang tak terdeteksi, sementara 80 persennya tidak menunjukan gejala awal.

Diambil dari sads.org, SADS adalah kondisi genetik jantung yang dapat menyebabkan kematian pada remaja, bahkan pada mereka yang sehat secara fisik sekalipun. Kondisi ini dapat diatasi dengan perawatan dini guna mencegah kematian.(Fajar Health/ruf)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!