WARNING! Kelebihan Lemak dapat Menyebabkan Penyusutan Otak – Fajar Health
Warning

WARNING! Kelebihan Lemak dapat Menyebabkan Penyusutan Otak

Photo source: nutriwellcoaching.com

FAJAR HEALTH – Jika pada studi sebelumnya (baca: Kaitan Antara Kurang Berolahraga dan Penyusutan Otak) menyebutkan bahwa minimnya aliran darah yang diterima oleh bagian otak, khususnya hippocampus, dapat menyebabkan penyusutan ukuran otak, studi terbaru menemukan penyebab lainnya.

Dilansir Menshealth.com, sebuah studi terbaru menyebutkan bahwa orang dengan lemak berlebih menunjukan aktivitas penyusutan otak yang biasa terjadi pada mereka diusia lanjut

Studi yang melibatkan setidaknya 527 orang dewasa menemukan bahwa mereka dengan body mass index (BMI) diatas dari 25 memiliki volume “whita matter” pada otaknya dibandingkan dengan mereka dengan BMI dibawah angka 25.

White matter sendiri adalah jaringn yang menghubungkan beberapa area pada otak dan memungkinkan komunikasi antara area saraf tubuh, yang berfungsi dalam membantu anda menyimpan ingatan hingga kemampuan berpikir secara cepat.

Jika normalnya jaringan ini menyusut akibat usia, namun proses ini terjadi lebih cepat pada mereka yang mengalami obesitas, kata Lisa Ronan, Ph.D., kepala penelitian dari studi yang dilakukan oleh University of Cambridge di Inggris.

Penyebabnya sendiri, kata Ronan, diperkirakan jaringan lemak berlebih yang berakibat dapat memproduksi protein inflamasi bernama sitokin, protein ini memberikan dampak buruhk terhadap otak.

Karenanya, sebelum semuanya terlambat, segeralah mengontol berat badan anda agar lebih ideal. Penelitian lain menyebutkan, kembali pada berat yang ideal dapat meningkatkan kesehatan otak.(Fajar Health/ruf)

loading...

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!