Kekurangan Vitamin B12 Semasa Hamil Beresiko Sebabkan Diabetes pada Anak – Fajar Health
Mom & Kids

Kekurangan Vitamin B12 Semasa Hamil Beresiko Sebabkan Diabetes pada Anak

Photo source: pexels.com

FAJAR HEALTH – Sebuah studi terbaru menunjukan bahwa anak yang lahir dari ibu yang kekurangan vitamin B12 pada masa mengandung, memiliki resiko tinggi terkena diabetes tipe 2 dan gangguan metabolik lainnya.

Temuan peneliti dari University of Warwick Medical School ini diungkap pada konferensi tahunan Society for Endocrinology di Inggris yang dilansir Medical News Today (7/11/2016).

Menurut National Institutes of Health, vitamin B12 berfungsi penting dalam mengatur fungsi-fungsi tubuh, termasuk salah satunya pembentukan sel darah merah, DNA sintesis dan fungsi neurologis.

Jika umumnya rekomendasi asupan harian dari vitamin B12 usia 14 tahun atau lebih adalah 2,4 mikrogram, maka pada ibu hamil, angka tersebut sedikit lebih tinggi atau sekitar 2,6 mikrogram pada masa mengandung dan 2,8 mikrogram pada masa menyusui.

Kepala peneliti Dr. Ponusammy Saravanan menyebutkan bahwa pada penelitian lain telah disebutkan ibu hamil yang menderita defesiensi vitamin B12, berpotensi melahirkan anak dengan massa indeks tubuh yang lebih tinggi atau dengan bobot yang ringan namun memiliki kolesterol tinggi.

Sebagai tambahan, studi-studi tersebut juga menunjukan bahwa bayi-bayi ini nantinya memiliki potensi yang tinggi terhadap resistensi insulin, kondisi yang terjadi pada mereka dengan diabetes tipe 2.(Fajar)

loading...

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!