Sudah Tahu? Mahluk tak Kasat Mata Ini Hidup di Wajah Anda – Fajar Health
News Update

Sudah Tahu? Mahluk tak Kasat Mata Ini Hidup di Wajah Anda

Photo source: harekrsna.com

FAJAR HEALTH – Pernahkah anda merasa ada yang merayap di kulit wajah anda, namun apa itu, anda tidak tahu?

Bisa jadi itu adalah ulah dari tungau demodex yang hidup dalam pori-pori kulit anda. Demodex umumnya keluar di malam hari dan merayap di wajah, seringkali tanpa sepengatahuan kita anda.

Yang berbahaya ketika mikroorganisme ini mulai memperbanyak diri pada hostnya (manusia), seperti gatal-gatal pada kulit dan gangguan mata.

Mereka yang mengidap demodicosis, demikian penyakit itu disebut, dapat di kenali dengan melihat ada yang tidak wajar dengan kondisi matanya seperti kemerah-merahan, gatal-gatal, kelopak yang melepuh atau terasa tebal dan bulu mata yang rontok.

Mahluk berkaki delapan ini kerap beranapinak dan menetaskan larvanya di folikel bulu mata manusia. Setelah 7 hari, larva-larva ini akan memasuki usia dewasa dan akan mengulangi proses ini terus menerus. umur demodex biasanya hanya mencapai 2 hingga 3 minggu.

Tungau demodex juga dapat menyebabkan penurunan indera pengelihatan anda. Untungnya, kondisi ini hanya sementara, selama pertumbuhan mahluk ini dapat diatasi.

Siapa saja yang bisa terkena demodex adalah mereka orang dewasa dan remaja, karena tungau ini menyukai sebum, minyak yang bertanggungjawab atas terjadinya pembentukan jerawat.

Wanita yang sering menggunakan maskara atau make up mata juga kerap menjadi sasaran para tungau. Karenanya penting bagi anda untuk membersihkan make up wajah sebelum waktunya tidur.

Untuk kebanyakan orang, tungau demodex tidak menunjukan aktifitas yang membahayakan, namun jika gejala-gejala di atas terjadi pada anda maka langkah awal yang perlu anda lakukan adalah dengan membersihkan bulu mata anda dengan shampo anak (tidak pedas di mata).

Gunakan salep anti biotik, konsultasikan pada dokter mata mengenai salep apa yang cocok untuk anda. Salep anti biotik dapat mencegah pergerakan dan membuat tungau tersiksa.(Fajar)

loading...

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!