Fitness Tracker, Efektif atau Sekedar Gimmick? – Fajar Health
Tech

Fitness Tracker, Efektif atau Sekedar Gimmick?

Photo source: techfaqs.net

FAJAR HEALTH – Perangkat fitness tracker belakangan ini mendapatkan popularitas yang luar biasa di tengah masyarakat modern.

Keberadaannya dianggap mampu membawa manusia pada pola hidup yang terartur dan sehat. Ada pun alasan kebanyakan orang membelinya lantaran ingin mendapatkan tubuh yang ideal.

Memantau aktifitas keseharian menggunakan perangkat sejenis, sebagaimana digambarkan pada teaser iklan tentunya banyak memberikan efek mengapa wearable ini di gemari.

Namun benarkah perangkat ini benar-benar bekerja?

Menurut studi ini, memantau aktifitas anda dengan fitness tracker tidak akan membantu anda menurunkan berat badan dengan pendekatan yang standar.

Dari studi yang telah berjalan 2 tahun lamanya dan melibatkan 470 partisipan itu ditemukan bahwa partisipan yang menggunakan fitness tracker, menunjukan rata-rata penurunan berat badan yang hanya sekitar 3,4 kg.

Sementara partisipan lain yang menggunakan konseling kesehatan mampu mencatat penurunan berat badan yang lebih meyakinkan dengan penurunan berat rata-rata sebesar 5,8 kg.

“Saya rasa masalahnya tidak terletak pada pemantauan aktifitas. Bagaimana informasi itu digunakan, itu adalah masalahnya,” kata kepala studi John Jakicic, PhD yang juga chairman dari department of health and physical activity dari University of Pittsburgh School of Education yang dilansir Prevention (10/11/2016).

Karena menurut hasil penelitian itu, ada tiga hal yang tidak dimengerti oleh tracker yang kini sudah menjamur di pasaran. Pertama, proses penurunan berat badan adalah masalah kompleks untuk dimengerti oleh fitness tracker.

Kedua, terlalu mempercayai fitness tracker, terkadang, dapat membunuh keinginan seseorang untuk memangkas berat badannya, karena angka pada fitness tracker memberikan bayangan betapa akan tidak mudahnya perjalanan ini.

Dan yang terakhir, bagi mereka yang mengalami obesitas, penggunaan fitness tracker tidak akan memberikan perubahan yang signifikan, ini tidak akan memecahkan masalah.

“Anda perlu mendapatkan intervensi yang lebih besar dari sekedar teknologi wearabel,” imbuhnya.

Namun bukan berarti fitness tracker sama sekali tidak berguna bagi anda, terlebih ketika anda benar-benar suka mengenakannya.

“Yang penting adalah menemukan bagaimana membuatnya (fitness tracker) benar-benar bekerja dan menggunakan informasi yang didapat agar lebih berguna bagi orang (pemakainya),” ujarnya.(Fajar)

loading...

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!