4 Manfaat Mandi Air Garam Epsom, Sudah Tahu? – Fajar Health
Herbal

4 Manfaat Mandi Air Garam Epsom, Sudah Tahu?

Photo source: mindbodyspiritualawareness.com

FAJAR HEALTH – Belum banyak orang di Indonesia yang mungkin mengetahui keberadaan garam Epsom. Garam jenis ini lebih banyak digunakan oleh profesional sebagai alternatif mengatasi beberapa masalah kesehatan.

Konsumsi garam Epsom sendiri diketahui sangat bermanfaat bagi tubuh, khususnya dalam menyerap magnesium, mineral terbesar nomor empat yang terdapat dalam tubuh manusia.

Dengan mengkonsumsi garam Epsom, akan mendorong sekitar 325 reaksi kimia di dalam tubuh yang memberikan efek positif terhadap jantung juga sistem saraf. Epsom juga dikatakan jauh lebih berkhasiat ketika diserap melalui kulit (mandi air garam) jika dibandingkan melalui mulut.

Sayangnya kebanyakan orang tidak mengkonsumsi magnesium secara cukup. Padahal manfaat yang ditawarkan sangatlah esensial. Berikut beberapa manfaat garam Epsom yang perlu ada ketahui:

1. Membantu tidur dan meredakan stress
Kadar magnesium yang tepat sangat dibutuhkan manusia untuk mengelola tidur dan tingkat stressnya. Mineral ini mampu mendorong kerja neurotransmitter, membuat tidur anda jadi lebih berkualitas serta mengurangi stress. Mandi dengan air garam Epsom juga dipercaya berkhasiat membantu menjadi lebih relaks.

2. Membantu kinerja sistem pencernaan
Magnesium seringkali digunakan untuk mengatasi gangguan pada pencernaan seperti konstipasi. Memanfaatkan sifat magnesium, tubuh dapat menyalurkan lebih banyak air menuju usus besar dan membantu proses pembuangan feses.

3. Meredakan pegal-pegal
Ada yang mengatakan bahwa mandi dengan air garam Epsom dapat mengurangi pegal pada otot juga keram. Seperti diketahui, kadar magnesium yang cukup dapat membantu tubuh dalam menggunakan glukosa dan asam laktat yang dibutuhkan tubuh dalam memproduksi energi.

4. Meredakan rasa sakit dan bengkak-bengkak
Manfaat lain garam Epsom juga dirasakan pada mereka yang memiliki masalah dengan penyakit yang menyerang saraf dan sendi dengan cara dioleskan pada kulit.

Perlu diingatkan, mengkonsumsi garam Epsom melalui mulut dapat menyebabkan beberapa efek samping. Hal ini bisa diatasi dengan banyak-banyak meminum air putih. Konsultasikan dengan dokter mengenai dosis penggunaannya.(Fajar)

loading...

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!