Kebiasaan yang Melindungi Anda dari Resiko Diabetes – Fajar Health
News Update

Kebiasaan yang Melindungi Anda dari Resiko Diabetes

Photo source: pexels.com

FAJAR HEALTH – Menurut data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 1 dari 11 orang di Indonesia adalah penderita diabetes. Atau jika dibulatkan, setidaknya terdapat 10 juta penduduk Indonesia menderita penyakit gula ini.

Perlu disadari, salah satu penyebab dari tingginya angka penderita diabtes di Asia, khususnya di Indonesia adalah lantaran konsumsi nasi putih yang merupakan makanan pokok orang Indonesia.

Salah satu kunci terhindar dari diabetes adalah pola hidup sehat dan terartur. Karena itu, sebelum terlambat ubahlah pola hidup yang salah, pola hidup yang justu meningkatkan resiko anda terkena diabetes.

Untuk menghindari resiko terkena diabetes, selain mengurangi konsumsi nasi putih, ada cara lain yang menyenangkan yang bisa anda tempuh. Salah satunya dengan cara mengkonsumsi kopi.

Menurut studi yang dilakukan Harvard School of Public, kebiasaan meminum kopi memberikan dampak positif bagi kesehatan, khususnya dalam mengurangi resiko diabetes.

Disebutkan bahwa dengan mengkonsumsi kopi lebih dari satu cangkir per hari selama 4 tahun diketahui menurunkan resiko terkena diabtes tipe 2 sebesar 11 persen. Sementara mereka yang tidak sering mengkonsumsi kopi justru meningkatkan resiko terkena diabetes sebesar 17 persen.

“Temuan kami membenarkan studi-studi terdahulu yang menyebutkan bahwa konsumsi kopi yang lebih tinggi menurunkan resiko terkena diabtes tipe 2. Yang terpenting lagi, temuan kami ini menyediakan data baru terhadap kebiasaan mengkonsumsi kopi yang berpengaruh terhadap resiko diabtes tipe 2,” kata Shilpa Bhupathiraju selaku pimpinan studi seperti dilansir laman Medical News Today.

Dari 1.109.272 orang yang terlibat dalam studi yang antara 10 bulan hingga 20 tahun itu, 45.335 di antaranya adalah penderita diabetes. Ditemukan bahwa baik kopi dengan atau tanpa kafein memberikan dampak positif yang sama terhadap menurunnya resiko diabetes tipe 2 tersebut.(Fajar)

loading...

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!