Hidung Mampet Jangan Ditiup, Ini yang Harusnya Anda Lakukan – Fajar Health
Tips

Hidung Mampet Jangan Ditiup, Ini yang Harusnya Anda Lakukan

Photo source: gezondheidsnet.nl

FAJAR HEALTH – Hidung mampet saat pilek tentunya bikin hati anda kesal. Tidak peduli seberapa sering anda meniup hidung untuk menyingkirkan hingus, cairan lendir itu akan terus mengalir dan mengalir.

Selain tidak efektif, membuang hingus dengan cara meniup hidung juga ternyata tidak dianjurkan oleh dokter.

Meniup hidung mampet, kata Purvi Parikh, M.D., spesialis alergi dan imunolog, dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah dalam hidung juga memperparah kondisi yang mendera anda.

Sementara menurut penjelasan direktur division of Rhinology and Sinus Surgery Johns Hopkins School of Medicine, ketika anda meniup hidung yang mampet, maka bakteri dan partikel virus yang terdapat pada hidung dapat menyebabkan iritasi dan bahkan memicu infeksi.

Lalu apa yang seharusnya dilakukan untuk mengatasi kondisi ini? Caranya adalah dengan steam atau penguapan.

Udara yang hangat dapat membantu meningkatkan kelembaban pada hidung dan membuka rongga hidung dan menghancurkan lendir penyebab hidung mampet, khususnya lendir yang mengeras dan menempel pada dinding hidung.

Ada beberapa cara dalam memanfaatkan uap. Cara termudah adalah dengan mandi air hangat. Embun yang muncul pada cermin di kamar mandi anda menunjukan suhu air yang anda gunakan untuk mandi sudah tepat.

Cara lainnya juga bisa dilakukan dengan cara menghirup uap yang dihasilkan dari air panas. Lakukan selama 30 menit untuk merasakan manfaatnya.(Fajar)

loading...

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!