Sayangi Ginjal Anda, Mulailah dengan Membaca Ini – Fajar Health
Tips

Sayangi Ginjal Anda, Mulailah dengan Membaca Ini

Photo source: poshseven.com

FAJAR HEALTH – Ginjal adalah salah satu organ terpenting manusia. Tanpa kerja ginjal yang normal, seseorang akan cenderung mudah lelah dan merasa tidak bertenaga.

Selain mudah lelah dan lemah, ciri-ciri ginjal yang bermasalah juga ditandai dengan pembengkakan pada tangan, wajah dan telapak kaki, warna urine yang berubah dan ruam pada kulit.

Tidak hanya itu, napas pendek, munculnya rasa besi pada mulut, rasa sakit di bagian punggung, sulit berkosentrasi dan pusing-pusing adalah gejala lain yang juga disebabkan kondisi ini.

Melihat begitu banyak masalah yang disebabkan gangguan ginjal tentunya Anda harus lebih aktif dalam menjaga agar kondisi ginjal Anda selalu dalam kondisi yang prima.

Berikut ini adalah beberapa jenis konsumsi makanan sehat penunjang kinerja ginjal yang mungkin ingin Anda coba:

1. Konsumsi pisang
Selain berfungsi sebagai pengontrol kandungan gula dalam darah, potasium yang dikandung buah pisang juga baik dalam menunjang kinerja ginjal. Menurut sebuah studi yang berjalan selama 13 tahun, mereka yang mengkonsumsi pisang 2-3 kali dalam seminggu dapat mengurangi resiko seseorang terkena kanker ginjal sebesar lebih dari 50 persen.

2. Konsumsi alfalfa
Selain berkhasian menurunkan kolesterol jahat dan darah tinggi, konsumsi alfalfa juga diketahui dapat digunakan sebagai obat herbal dalam mengatasi batu ginjal, membantu menyingkirkan toksin pada tubuh dan beberapa lainnya.

3. Konsumsi air Jeruk nipis hangat
Jeruk nipis dan air hangat adalah kombinasi mujarab dalam mengatasi gangguan kesehatan pada tubuh manusia, salah satunya mencegah pembentukan batu ginjal. Perlu diketahui. Jeruk nipis kaya akan kandungan Vitamin C, B, anti oksidan, fosfor, protein, minyak atsisi, potasium dan karbohidrat. Dengan mencampurnya dengan air hangat, jeruk nipis menawarkan sifat anti bakteri, antivirus, anti infeksi serta meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh yang mengkonsumsinya.

4. Rambut jagung
Nenek moyang manusia sudah sejak lama menggunakan rambut jagung untuk mengobati batu ginjal. Air rebusan rambut jagung dengan ditambah madu atau lemon) (untuk perasa) sangat baik untuk mencegah pertumbuhan batu ginjal. Namun tidak berkhasiat pada mereka yang sudah menderita batu ginjal.

Bagi Anda yang ginjalnya sudah terlanjur bermasalah, Anda dapat mencoba resep yang satu ini:

Bahan-bahan:
1 buah jeruk limun organik (dengan kulitnya)
1 ikat akar peterseli
1 cangkir minyak zaitun
1 cangkir sirup mapel
1 cangkir madu

Cara membuat:
Potong lemon dan akar peterseli kemudian blender. Ditengah prosen blending, tambahkan madu, minyak zaitun. Tuang hasil blending anda ke dalam toples dan simpan dalam kulkas.

Cara mengkonsumsi:
Minum 1 sendok makan sirup anda ini dalam keadaan perut kosong setiap pagi dan malam hari. Di siang harinya, minumlah banyak air.

(ruf/fajar)

*** Like page Facebook FAJAR Health untuk berita menarik ter-update lainnya ***

 

loading...

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!