3 Cara Mencegah dan Mengatasi Batu Ginjal – Fajar Health
Tips

3 Cara Mencegah dan Mengatasi Batu Ginjal

PHOTO SOURCE: POSHSEVEN.COM

FAJAR HEATH – Batu ginjal adalah kristal kecil yang terbentuk dari mineral dan garam yang terjadi di dalam ginjal.

Selain ditandai dengan adanya darah pada urine, kondisi ini juga menyebabkan rasa sakit pada bagian samping dan belakang tubuh.

Anda salah satu yang mengalaminya? Beberapa resep berikut ini mungkin yang Anda butuhkan:

1. Rambut jagung
Nenek moyang manusia sudah sejak lama menggunakan rambut jagung untuk mencegah batu ginjal. Dengan mengkonsumsi rambut jagung, pembentukan kristal pada ginjal dapat dicegah.

Cara menyiapkannya, rebusan rambut jagung dengan ditambah madu atau lemon (untuk perasa). Resep ini tidak berkhasiat pada mereka yang sudah terlanjur menderita batu ginjal.

2. Baking soda
Dalam studi tersebut, disebutkan bahwa baking soda dapat memperlambat terbentuk batu ginjal dan baik bagi mereka yang dalam perawatan dialisis atau cuci darah. Bahkan, dengan mengkonsumsi baking soda, proses cuci darah pun dapat dihindari. Saat digunakan dalam proses pencucian darah, maka khasiatnya menjadi dua kali lipat.

Cara menggunakannya, larutkan baking soda dalam jumlah kecil pada bagian bawah lidah di hari pertama, lalu siapkan 1/2 sendok teh garam berkualitas baik dicampur dengan baking soda pada 1,5 liter air minum yang dikonsumsi keesokan harinya.

3. Kombinasi lemon dan petersel, madu dan minyak zaitun
Kombinasi ini juga disebut-sebut tak kalah hebatnya dalam mencegah terjadinya pembentukan kristal. Potong lemon dan akar peterseli kemudian blender. Ditengah proses blending, tambahkan madu, minyak zaitun. Tuang hasil blending anda ke dalam toples dan simpan dalam kulkas.

Cara mengkonsumsinya, minum 1 sendok makan sirup anda ini dalam keadaan perut kosong setiap pagi dan malam hari. Di siang harinya, minumlah banyak air.

*** Like page Facebook FAJAR Health untuk berita menarik ter-update lainnya ***

 

loading...

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!