6 Alasan untuk Makan Makanan Fermentasi – Fajar Health
Healthy Foods

6 Alasan untuk Makan Makanan Fermentasi

Photo source: pixabay.com

FAJAR HEALTH – Mengkonsumsi probiotik, seperti makanan hasil fermentasi bukanlah hal baru lagi. Bahkan beberapa negara di dunia memiliki masing-masing makanan fermentasi yang menjadi ciri khasnya tersendiri.

Teknik fermentasi sendiri memiliki manfaat untuk meningkatkan nilai nutrisi dari bahan yang bahan makanan yang difermentasi. Itu sebab itulah mengapa jenis makanan fermentasi sangat dianjurkan untuk meningkatkan kualitas hidup sehat.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat makan makanan fermentasi seperti tempe, kimchi, kefir, asinan, acar, yogurt dan sejenisnya seperti diambil dari Top 10 Home Remedies:

1. Menyehatkan usus

Asam laktat yang diproduksi selama proses fermentasi dapat mendorong pertumbuhan flora sehat di dalam usus dan menurunkan pertumbuhan bakteri jahat di dalam tubuh.

2. Menyingkirkan toksin dalam tubuh

Tubuh sangat rentan terekspos berbagai jenis bahan kimia dan biokimia yang terdapat dalam makanan, minuman dan lingkungan sekitar. Lama kelamaan, toksin ini akan menumpuku dan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti mudah sakit kepala, mudah lelah, fluktuasi berat badan, bau mulut, masalah pencernaan dan lainnya. Konsumsi makanan fermentasi membantu tubuh menyingkirkan toksin pada tubuh.

3. Meningkatkan imunitas

Usus mengandung begitu banyak sel imune di bandingkan bagian tubuh lainnya. Dengan menjaganya, dapat meningkatkan pertumbuhan mikroba baik yang ditawarkan makanan fermentasi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Menjaga otak

Makanan fermentasi juga baik untuk diet dan otak. Usus dan otak terkoneksi melalui hypothalamic-pituitary-adrenal axis. Usus yang sehat juga mempengaruhi tingkat kesehatan otak.

5. Mengurangi resiko kanker

Makanan fermentasi juga dapatr membantu tubuh mencegah pertumbuhan kanker. Ini adalah salah satu manfaat dari bakteri baik yang ditawarkan jenis makanan fermentasi.

6. Mendorong metabolisme tubuh
Lagi-lagi, mikroba yang terdapat dalam makanan fermentasi mampu mendorong proses pencernaan makanan dan mengubahnya menjadi energi.

(ruf/fajar)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!