Waspadai Bengkak pada Kaki, Ciri-ciri Penyakit Kronis – Fajar Health
News Update

Waspadai Bengkak pada Kaki, Ciri-ciri Penyakit Kronis

Photo source: sportobzor.ru

FAJAR HEALTH – Bengkak pada telapak, pergelangan atau pada bagian kaki lainnya adalah hal yang umum terjadi pada hampir setiap orang, beberapa di antaranya menunjukan kondisi yang memburuk ketika malam tiba.

Kondisi bernama edema ini adalah berkumpulnya cairan dan menyebabkan pembengkakan pada jaringan tubuh. Selain bengkak, kondisi ini, menurut NHS Choices, juga menunjukan gejala seperti pergelangan yang kaku, bertambahnya berat badan, perubahan warna kulit dan rasa sakit pada bagian tubuh tertentu.

Namun perlu diketahui juga, bahwa edama juga bisa menjadi pertanda varises atau bahkan penyakit yang lebih serius, seperti gejala gagal jantung, paru-paru kronis atau penyakit ginjal.

Pada penderita masalah ginjal, selain terjadi di kaki, edema juga biasanya ditemukan disekitar mata, sementara pada penderita masalah jantung, pembengkakan biasanya terjadi pada area kaki atau mata kaki.

Konsumsi obat-obatan seperti corticosteroids, calcium channel blockers yang digunakan untuk mengobati penyakit lain juga diketahui bertanggungjawab atas kondisi ini.

Meski pada umumnya kondisi ini dapat sembuh dengan sendirinya, namun ahli menganjurkan perubahan pola hidup dengan menurunkan berat badan dan berolahraga seperti, berenang, bersepeda atau berjalan kaki, dapat membantu sirkulasi di area kaki.

Mereka yang mengalami edema juga sangat disarankan untuk menghindari aktifitas seperti berdiri dalam waktu yang lama.(ruf/fajar)

Sumber: express.co.uk

 

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!