Alasan Mengapa Pantat Anda Gatal dan Bagaimana Mengatasinya – Fajar Health
Tips

Alasan Mengapa Pantat Anda Gatal dan Bagaimana Mengatasinya

PHOTO SOURCE: JEN SELTER INSTAGRAM

FAJAR HEALTH – Sensansi gatal pada area pantat atau bokong pastinya dialami oleh setiap orang. Namun sayangnya kondisi ini tidak bisa Anda atasi dengan cara menggaruknya di tempat umum seperti ketika Anda menggaruk tangan atau pipi Anda yang gatal.

Lalu apa sih yang menyebabkan kondisi yang diberi nama prutitus ani ini bisa terjadi? Well, penyebabnya ternyata cukup banyak lho. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Cara membersihkan yang salah

Menurut dermatolog dari Massachusetts General Hospital Sarina Elmariah, M.D., mereka yang membersihkan area ini terlalu kasar dapat menyebabkan iritasi dan gatal. Dan jika Anda menggunakan tisu untuk membersihkannya, gunakan air terlebih dahulu sebelum diakhiri tisu. Gunakan tisu dengan cara ditepuk ketimbang digesek.

2. Anda mengkonsumsi makanan dan minuman tertentu

Menurut Kyle Staller, M.D., seorang gastroenterolog di Massachusetts General Hospital, kopi, tomat, bir dan makanan pedas dapat meningkatkan keasaman poop Anda dan menyebabkan iritasi di bawah sana. Hasilnya sudah bisa ditebak bukan? Kurangi konsumsi makanan atau minuman di atas adalah hal bijak yang bisa Anda lakukan.

3. Bokong Anda terlalu lembab

Ketika bokong terlalu lembab tentunya akan menyebabkan gatal-gatal pada kulit, kata area,” kata Gary Goldenberg, M.D., assistant clinical professor of dermatology dari Icahn School of Medicine di Mount Sinai, New York City. Mengeringkan bagian bawah Anda dan menggunakan dalam berbahan katun sangat dianjurkan untuk mengurangi resiko ini.

4. Anda menderita hemoroid

Hemoroid ditandai dengan adanya pembengkakan dan pembuluh darah vena yang meradang. Kondisi ini sangat erat kaitannya dengan iritasi pada kulit di area pantat. Elmariah menganjurkan penggunaan cream yang mengandung zinc oxide di dalamnya. Jika kondisi tidak membaik maka buat janji dengan dokter.

(ruf/fajar)

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!