5 Fakta tentang Kutu Kasur Ini Bikin Anda Gatal Saat Membacanya – Fajar Health
News Update

5 Fakta tentang Kutu Kasur Ini Bikin Anda Gatal Saat Membacanya

Photo source: orkin.com

FAJAR HEALTH – Memikirkan bedbug atau kutu kasur, ada juga yang menyebutnya kutu busuk, dapat membuat tubuh Anda mendadak gatal tanpa sebab.

Meski mahluk kecil yang sering kali beraksi tanpa terlihat oleh mata korbannya, namun bukan berarti mereka adalah mahluk yang tidak nyata, justru sebaliknya.

Berikut beberapa fakta tentang kutu kasur yang mungkin akan membuat Anda gatal-gatal sendiri:

1. Mereka menghisap darah Anda tanpa Anda sadari

Kutu kasur adalah mahluk nokturnal, itu artinya mereka hanya akan keluar di malam hari. Mereka akan terbangun dan mulai memangsa darah manusia untuk bertahan hidup.

2. Mereka kerap menyusup

Anda yang sering bepergian menggunakan kereta, bis, kapal laut atau menginap di hotel dan sejenisnya, berpeluang membawa pulang kutu kasur ke rumah Anda sendiri. Mereka kerap menyusup melalui pakaian kotor, koper bahkan dompet Anda.

3. Umur mereka lebih panjang dari yang Anda sangka

Kutu kasur betina dapat menelurkan 300 telur selama hidupnya. Telur-telur ini dapat menetas dalam 10 hari. Umur mereka adalah sekitar 6 hingga 24 bulan. Kutu kasur dewasa mampu bertahan hidup tanpa makan selama satu tahun. Yang menyeramkannya, hanya butuh bebrapa ekor kutu kasur untuk menciptakan infestasi kutu kasur.

4. Cara mengetahui keberadaan mereka

Mencari kutu kasur bukan perkara mudah. Ketimbang mencarinya, lebih mudah untuk mengenali perubahan pada tubuh Anda. Jika ada kutu kasur, Anda mungkin akan menemukan ruam atau kulit memerah di sekujur tubuh yang disebabkan bekas gigitan. Mereka memiliki ciri suka menggigit tiga kali secara berturut-turut. Jika Anda menemukan luka seperti itu, kasur Anda mungkin sudah tidak lagi aman.

5. Cara mencegah penyebaran kutu kasur

Ketika Anda bepergian, letakan koper Anda pada rak koper karena kutu kasur kerap mengendap dari lantai. Jika Anda menginap di penginapan, jangan letakan pakaian kotor Anda di kasur atau sembarang tempat. Bungkus dengan plastik hingga rapat. Kutu kasur sangat menyukai aroma pakaian kotor. Jangan pernah sekali-kali berpikiran untuk membeli kasur bekas pakai, karena Anda tidak akan pernah tahu kehigienisannya. Anda juga dapat memanfaatkan steamer membunuh kutu kasur dan telur-telurnya pada tempat-tempat yang terdampak.

(ruf/fajar)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!