Sudah Coba Minum Teh Fennel? Ini Lho Manfaatnya – Fajar Health
Healthy Drink

Sudah Coba Minum Teh Fennel? Ini Lho Manfaatnya

Photo source: pixabay.com

FAJAR HEALTH – Bunga fennel adalah salah satu tanaman herbal yang masih digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia.

Selain untuk keperluan kuliner, fennel juga populer dimanfaatkan sebagai bahan membuat minuman teh.

Selain menawarkan beberapa manfaat sehat, teh fennel kerap menjadi pilihan lantaran rasanya yang luar biasa khas dan nikmat.

Berikut ini beberapa manfaat konsumsusi teh biji fennel seperti diambil dari Medical News Today:

1. Mengatasi keram menstruasi

Keram yang timbul saat datangnya siklus bulanan atau dysmenorrhea, bagi sebagian wanita, teramat sangat menyiksa. Penggunaan obat-obatan seperti anti radanga non steroid kerap digunakan untuk mengatasi rasa sakit ini. Kendati demikian, 10-20 persen wanita mengaku jenis obat ini tidaklah efektif. Konsumsi teh fennel, menurut penelitian, dapat membantu kontraksi pada uterus, yang menjadi penyebab dari rasa sakit tersebut.

2. Kolik

Fennel juga menawarkan anti spasmodik. Beberapa meyakini bahwa konsumsi teh fennel membantu mengurangi kolik, kondisi di mana bayi menangis tanpa sebab yang jelas.

3. Meregulasi gula darah

Beberapa pakar herbal berpendapat bahwa teh fennel sangat berhasiat dalam mengatur kadar gula darah. Menurut studi di Bangladesh yang melibatkan tikus lab, ditemukan bahwa ektrak biji fennel, dalam dosis tertentu, memiliki khasiat yang sama dengan obat-obatan konvensional dalam mengurangi kada glukosa dalam darah.

4. Meredakan rasa sakit

Fennel juga dianggap sebagai salah satu alternatif untuk meredakan rasa sakit. Menurut studi yang sama, ekstrak biji fennel memiliki khasiat untuk mengurangi rasa sakit hampir satu level dengan efek yang diberikan oleh konsumsi aspirin.

5. Membantu tubuh tetap terhidrasi

Selain menawarkan minuman yang lezat secara rasa dan bebas akan kafein, konsumsi teh fennel dapat membantu tubuh Anda agar terhidrasi, yang mana satu kunci dalam mencapai pola hidup sehat.

(ruf/fajar)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!