Apa yang Anda Pilih Setelah Bangun Tidur, Air Hangat atau Dingin? – Fajar Health
News Update

Apa yang Anda Pilih Setelah Bangun Tidur, Air Hangat atau Dingin?

FAJAR HEALTH – Kebanyakan orang akan meneguk satu dua air dingin setelah terbangun dari tidurnya. Namun tahukah Anda bahwa ada manfaat tersendiri jika Anda memulai hari dengan membasahi tenggorokan dengan air hangat?

Berikut ini beberapa manfaat minum air hangat di pagi hari yang terbukti khasiatnya seperti diambil dari Fit Hacker:

1. Meredakan rasa sakit

Air hangat dapat membantu meredakan tenggorokan yang bengkak dan meredakan rasa sakit. Air hangat juga sangat bermanfaat untuk meredakan iritasi dan tenggorokan yang kering dan mereka yang kesulitan menelan. Air hangat juga berkhasiatn meredakan keram pada perut

2. Membantu buang air besar

Menurut studi yang dirilis pada Journal of neurogastroenterology and motility, 58 persen orang mengalami achalasia, sebuah kondisi di mana otot bagian bawah esofagus tidak bekerja dengan baik. Segelas air hangat sebelum makan juga dapat membantu kerja usus besar dan proses buang air besar.

3. Melancarkan aliran darah

Minum air hangat juga sangat baik untuk melancarkan aliran darah dan membantu tubuh menghangatkan dirinya.

4. Menurunkan berat badan

Menurut studi yang dirilis pada Journal of natural science and medice, meminum air hangat dapat membantu menurunkan berat badan, BMI dan napsu makan.

Mengapa tidak minum air dingin di pagi hari?

Air dingin dapat mengurangi hidrasi dan menyebabkan pengerutan pada pembuluh darah. Tubuh juga akan bekerja lebih keras untuk mencerna makanan karena air dingin menyebabkan pengerasan pada lemak di dalam darah. Selain itu, konsumsi air dingin juga dapat menyebabkan peningkatan jumlah lendiri di dalam saluran pernapasan dan resiko infeksi tenggorokan.

(ruf/fajar)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!