Fatal, Berlama-lama di Depan TV Picu Pembekuan Darah – Fajar Health
News Update

Fatal, Berlama-lama di Depan TV Picu Pembekuan Darah

FAJAR HEALTH — Ngemil dan duduk terlalu lama dapat menyebabkan beberapa efek samping terhadap kesehatan. Kebiasaan di atas, menurut sebuah studi baru, sebagai pemicu terjadinya tromboemboli vena.

Kondisi ini biasanya berdampak pada area kaki, tangan atau panggul namun juga memicu pembekuan darah pada paru-paru, yang mana berakibat fatal.

Temuan yang dipresentasikan pada American Heart Association Scientific Sessions 2017 di California ini juga menyebutkan bahwa olahraga tidak dapat mencegah kondisi ini kecuali dilakukan secara reguler. Itu artinya, Anda yang hanya sesekali mencari keringat, rentan terhadap kondisi ini.

“Menonton TV sendiri sebenarnya tidak berbahaya, namun seringkali dibarengi dengan makan camilan dan duduk berlama-lama sambil menonton,” kata Prof. Mary Cushman seperti dilansir Express.co.uk (12/11/2017).

Dari 15.158 partisipan berusia antara 45 hingga 64 tahun yang gemar menonton TV ditemukan bahwa mereka yang sangat sering menonton TV memiliki 70 persen lebih tinggi terkena tromboemboli vena dibandingkan mereka yang mengaku jarang atau tidak sama sekali menghabiskan waktu di depan TV.

Di tempat yang berbeda, pakar jantung dan vaskuler Prof Mark Creager mengatakan: “Alasan mengapa duduk dan menonton TV itu berbahaya adalah ketika mereka tidak menggerakan kakinya. Ketika kita berjalan, otot betis sebenarnya memijat pembuluh darah vena, seperti halnya memerah susu sapi, untuk menjaga agar darah mengalir.”

Namun jika Anda mengira kebiasan berlama-lama di depan TV hanya menyebabkan masalah itu, tunggu sampai Anda membaca artikel di bawah ini.(ruf/fajar)

Duduk Terlalu Lama di Depan TV Sebabkan Masalah Kesuburan

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!