Healthy Foods

5 Benefit Konsumsi Telur Secara Rutin

Photo source: pixabay

FAJAR HEALTH — Entah dari mana sumbernya, di masa lalu, telur kerap dianggap sebagai sumber makanan yang buruk bagi kesehatan.

Namun tahukah anda jika telur justru memiliki banyak kualitas baik yang membuatnya esnsial untuk menunjang hidup sehat yang didambakan setiap orang.

Tidak hanya kaya akan mineral, telur juga menawarkan begitu banyak vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Tidak cuma itu, bahkan konsumsi telur disebut mampu mencegah resiko seseorang terserang stroke.

Apa yang ditawarkan oleh satu butir telur ayam:

Vitamin A: 5% dari RDA.
Vitamin D: 10% dari RDA
Vitamin B12: 10% dari RDA.
Vitamin B6: 5% dari RDA.
Selenium: 28% dari RDA.
Fosfor: 9% dari RDA.
Vitamin B2: 15% dari RDA.

ket: RDA (recommended dietary allowance atau angka kecukupan gizi yang dianjurkan)

Adapun manfaat mengkonsumsi telur secara teratur adalah seperti:

1. Mengurangi resiko gangguan jantung dan kanker payudara

Kandungan choline pada telur tidak hanya dipercaya berkhasiat menjaga kerja otak namun juga baik untuk kesehatan jantung dan mampu berperan sebagai penangkal kanker payudara.

2. Membantu pembentukan tulang dan tenaga bagi otot

Kandungan yang terdapat pada telur membuatnya ideal untuk membangun otot yang kuat. Protein pada telur digunakan tubuh untuk memperbarui jaringan otot dan jumlah massa otot.

3. Menyehatkan otak

Telur memiliki kandungan nutrisi bernama choline yang mampu mendorong kerja otak. Dengan mengkonsumi telur, maka kebutuhan harian otak akan choline dapat terpenuhi sebesar 35 persen.

4. Membantu mengurangi berat badan

Menurut studi yang dirilis dalam Journal of the American College of Nutrition, mereka yang mengkonsumsi telur saat sarapan dapat mengontrol nafsu makan, khususnya bagi mereka yang sedang dalam proses diet ketimbang mengkonsumsi karbohidrat seperti roti atau kalau di Indonesia lebih populer dengan nasi.

5. Menjaga kesehatan mata

Kuning telur dipercaya mengurangi resiko degenerasi makular atau rusaknya pengelihatan sentral mata yang tidak dapat disembuhkan itu. Menurut studi yang dilakukan peneliti dari Tufts University yang dirilis pada American Journal of Clinical Nutrition di tahun 1997, ketika dikonsumsi, anti oksidan yang dihasilkan dari kuning telur akan meningkat secara tajam dalam tubuh.

(ruf/fajar)

Sumber: Authority Nutrition, The Bored Mind

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!