Pangkas Lemak Perut dengan Santan Kelapa, Bisa? – Fajar Health
Tips

Pangkas Lemak Perut dengan Santan Kelapa, Bisa?

Photo source: pixabay

FAJAR HEALTH — Tubuh manusia memiliki keunikannya tersendiri. Salah satu keunikannya adalah kemampuannya untuk membakar lemak tubuh meski tidak melibatkan olahraga atau aktifitas fisik lainnya.

Bahkan di saat anda tidur sekalipun, tubuh akan melakukan proses pembakaran lemak. Untuk alasan yang satu itulah mengapa tidur, tidak hanya untuk mengembalikan fungsi tubuh yang lelah, namun juga mendorong pemulihan dan pertumbuhan otot di malam harinya.

Itu artinya, dengan meningkatkan metabolisme tubuh, anda dapat membakar lebih banyak lemak disaat tubuh tidur dalam lelap, termasuk di antaranya lemak perut, salah satu jenis lemak yang sulit untuk diberantas.

Dan perlu dicatat pula, lemak perut seringkali dikaitkan dengan kondisi kesehatan serius, salah satunya adalah diabetes dan penyakit jantung.

Bagi anda yang sedang mencari solusi bagi permasalahan anda ini, mungkin dapat mencoba mengkonsumsi santan kelapa yang kaya akan lemak medium-chain triglyceride (MCT) yang dipercaya berkhasiat dalam mengurangi berat badan, membantu mengatur komposisi dan metabolisme tubuh.

Berbeda dengan lemak kebanyakan, kandungan lemak MCT seperti lauric, capric dan caprylic acid dari saluran pencernaan langsung tersalurkan ke dalam hati, yang mana bermanfaat untuk memproduksi energi atau produksi keton.

Menurut para ahli, tidak hanya berfungsi sebagai sumber energi, MCT juga berkhasiat dalam mengurangi nafsu makan serta mengurangi asupan kalori.

Dalam sebuah studi terbatas, beberapa partisipan pria yang kelebihan berat badan mengkonsumsi 20 gram minyak MCT saat sarapan membantu mengurangi asupan 272 kalori saat makan siang.

Tidak hanya itu, MCT bahkan diketahui mampu mendorong pengeluaran kalori dan pembakaran lemak. Sementara pada studi lainnya, mereka dengan obesitas atau memiliki penyakit jantung yang mengkonsumsi minyak mampu mengurangi bobot tubuh dan lingkar perut.

Meski belum ada studi langsung mengenai pengaruh santan terhadap metabolisme tubuh, namun beberapa studi lain menunjukan hasil yang impresif dari minyak kelapa dan MCT. Efeknya sendiri dipercaya tidak akan berbeda jauh, karena keduanya mengandung jenis asal lemak yang sama.(ruf/fajar)

Sumber: Authority Nutrition

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!