Hasil USG Tunjukan Janin Seperti Niup Balon, Ternyata… – Fajar Health
News Update

Hasil USG Tunjukan Janin Seperti Niup Balon, Ternyata…

Jackson Memorial Hospital

FAJAR HEALTH — Ada alasan mengapa penggunaan USG atau ultrasonography sangat penting dilakukan semasa kehamilan, salah satunya adalah untuk memonitor perubahan dan perkembangan calon bayi semasa kehamilan.

Seperti kisah lima tahun lalu ini di mana seorang ibu mendapati ada yang tidak wajar dengan hasil USG kehamilannya.

“Apakah itu (tumor) punyaaku atau dari bayiku,” kata Tammy Gonzales sambil menunjuk hasil USG yang nampak layaknya bayi sedang meniup balon seperti dikutip dari ABC News.

Setelah pemeriksaan, dokter yang menangani kasusnya itu menyebutkan bahwa ada teratoma, kanker besar yang terbentuk dari beberapa jaringan tubuh, keluar dari mulut janin berusia 17 minggu itu

“Dokter bilang kalau kanker ini dapat tumbuh dengan cepat. Saya bilang, pasti ada yang bisa kita lakukan,” kata Tammy Gonzales yang menolak untuk merelakan sang bayi atas saran dokter.

Dokter juga memberikan opsi lain, yakni dengan menjalani operasi endoskopik untuk mengangkat tumor  yang belum pernah dilakukan dunia medis sebelumnya.

“Saya ingin melakukannya (operasi itu),” ujarnya penuh harapan.

Untungnya operasi yang dipimpin Dr. Ruben Quintero, direktur Fetal Therapy Center di Jackson Memorial Hospital di Miami itu berjalan dengan sukses.

“Operasi itu adalah moment yang penting. Kami berhasil memotong stem dan cukup untuk membuatnya (tumor) terlepas (dari janin),” ungkap Dr. Quintero.

Hasil USG berikutnya menunjukan bahwa tumor itu kini tidak lagi menempel pada janin dan dibiarkan mengambang hingga proses persalinan nantinya.

“(Hasil operasinya) luar biasa. beban seberat 500 ton ini seperti diangkat dari saya,” ujar Tammy lega.

Alasan mengapa tumor itu tidak dikeluarkan adalah dikarenakan ukurannya yang terlalu besar untuk melewati kantung ketuban. Dan ketika keluar melalui proses persalinan 4 bulan berselang, ukurannya pun menyusut.

Sang bayi Leyna Gonzales lahir dengan selamat meninggalkan sedikit luka pada atap di dalam mulutnya.(ruf/fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!