10 Benefit Garam Dapur yang Belum Pernah Anda Coba, Mulailah dari Sekarang – Fajar Health
News Update

10 Benefit Garam Dapur yang Belum Pernah Anda Coba, Mulailah dari Sekarang

Pixabay

FAJAR HEALTH — Garam adalah salah satu bumbu dapur paling tua yang pernah ada dan telah digunakan selama beabad-abad oleh manusia dari berbagai generasi.

Dari situ kita juga belajar bahwa garam bukanlah sekedar bumbu masak biasa, banyak manfaat lainnya yang ditawarkannya selain menyedapkan masakan, mulai dari dari pembersih perlengkapan rumah tangga juga fungsinya sebagai obat.

Berikut ini 10 hal luar biasa yang bisa Anda lakukan dengan garam dapur yang mungkin tidak pernah Anda dengar sebelumnya:

1. Mengobati sariawan

Sariawan adalah kondisi dimana terjadi luka pada bagian rongga mulut yang memberikan sensasi perih, terkadang menyebabkan demam dan pembengkakan noda limfa. Dengan berkumur, dapat membantu meredakan rasa sakit yang diakibatkannya dan mempercepat proses kesembuhan.

2. Meredakan sakit pada kaki

Rasa sakit pada bagian kaki tentunya tidak diinginkan oleh semua orang. Namun tahukah anda, rasa sakit pada kaki bisa diatasi dengan merendamkan kaki pada air garam?

3. Mengatasi pink eye

Pink eye atau dikenal dengan conjunctivitis adalah kondisi dimana dimana mata mengalami iritiasi akibat bakteri atau virus. Kondisi ini ternyata dapat diatasi dengan garam berkat sifat disinfektan yang dimilikinya. Kombinasi satu sendok teh dan secangkir air suling (digunakan dengan cara dibasuh) dapat mengatasi masalah yang satu ini.

4. Mengatasi kantung mata

Kantung mata biasanya terbentuk akibat kurang tidur atau akibat menangis. Kombinasi setengah sendok garam air hangat juga dapat mengatasi masalah ini. Gunakan cotton bud untuk mengoleskan pada kantung mata.

5. Meredakan sakit tenggorokan

Berkumur dengan air garam dapat meredakan inflamasi dengan melenyapkan tingkat keasaman penyebab iritasi. Larutkan ¼ hingga ½ sendok makan garam dalam air lalu kumur-kumur Untuk meredakan inflamasi yang terjadi.

6. Pengganti pasta gigi
Garam adalah alternatif pasta gigi terbaik yang pernah ada. Anda dapat menggunakannya untuk membersihkan mulut dari kuman dan bakteri. Partikel garam bahkan mampu menyingkirkan plak pada gigi dan membantu anda terhindar dari masalah oral.

7. Mengatasi bekas gigitan serangga
Gigitan serang umumnya menyebabkan rasa gatal yang mengganggu, bahkan terkadang rasa sakit. Untuk meredakannya, anda dapat memanfaatka sifat antispetik yang dimiliki garam.

8. Mengatasi hidung meler
Dapat juga digunakan oleh anak-anak, irigasi nasal adalah salah satu obat terbaik mengatasi hidung meler. Garam dapat membantu proses penghancuran lendir dan sehingga mudah untuk dikeluarkan.

9. Mematangkan telor rebus lebih cepat
Untuk mempercepat anda merebus telur, tambahkan garam pada air yang anda gunakan, lalu masukan telurnya. Garam dapat mendorong air mencapai titik didihnya lebih cepat.

10. Membersihkan peralatan silver
Garam dapur juga dapat anda gunakan untuk membersihkan noda yang menempel pada peralatan dapur berbahan silver. Garam dapat membantu percepatan reaksi kimia saat menyingkirkan noda pada silver.

Sumber: Top10HomeRemedies.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!