Makan Ini Agar Terhindar dari Stroke jika Anda Hipertensi – Fajar Health
News Update

Makan Ini Agar Terhindar dari Stroke jika Anda Hipertensi

Pixabay

FAJAR HEALTH — Darah tinggi atau hipertensi adalah salah satu kondisi medis yang masuk dalam jajaran penyakit berjuluk silent killer dan merupakan sebuah kondisi yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti obesitas, stress, keturunan, serta beberapa lainnya.

Mengapa penyakit yang kerap terabaikan ini begitu berbahaya? Karena daya rusak yang disebabkannya bukanlah main-main. Sebut saja salah satu pemicu serangan jantung, stroke, kebutaan, kerusakan ginjal, sindrom metabolik dan mudah sekali lelah adalah beberapa ancaman yang dapat menyerang penderitanya kapan saja dan tanpa kompromi.

Sebab itu, amat sangat penting bagi mereka yang menderitanya untuk senantiasa mengontrol tekanan darah yang juga dibarengi dengan kebiasaan hidup yang sehat agar terhindar dari resiko yang tidak diinginkan.

Salah satu upaya yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara mengkonsumsi beberapa jenis makanan seperti yang dianjurkan oleh para ahli di bidangnya. Salah satunya adalah makanan yang kaya akan kandungan potasium, sebagaimana yang dianjurkan oleh para peneliti dari Albert Einstein College of Medicine (AECM) di New York, Amerika Serikat.

Dalam studi itu disebutkan bahwa dengan mengkonsumsi makanan kaya akan kandungan potasium, dapat menurunkan resiko general stroke sebesar 12 persen dan ishemic stroke sebesar 16 persen.

Untuk memenuhi asupan potasium yang dianjurkan, Sylvia Wassertheil-Smoller, Ph.D., yang terlibat dalam studi itu menyarankan untuk setidaknya mengkonsumsi 5 jenis makanan kaya akan potasium per harinya yang dapat ditemukan pada beberapa jenis makanan seperti pisang, jus jeruk, yogurt, kentang, daging segar, brokoli, melon, susu, salmon, kismis, dada ayam, tuna dan beberapa jenis makanan lainnya.(ruf/fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!