Waspada! 7 Penyakit Penyebab Kematian Ini Ada di sekitar Kita – Fajar Health
News Update

Waspada! 7 Penyakit Penyebab Kematian Ini Ada di sekitar Kita

FAJAR HEALTH — Hidup sehat adalah nikmat yang paling mahal yang bisa Anda rasakan di dunia ini. Sayangnya, manusia kerap lupa bersukur ketika fisik mereka sehat dan baru akan menyesalinya ketika semuanya terlambat.

Tidak ingin menjadi orang yang terlambat bersukur atas nikmat sehat Anda bukan? Kalau begitu tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengenali beberapa jenis penyakit mematikan yang sebenarnya ada di sekeliling kita, dalam diri kita, dalam diri keluarga atau kolega Anda.

Perubahan sejak dini tentunya akan membawa Anda, orang yang Anda sayangi dan kasishi pada kualitas hidup sehat yang didamkan setiap orang dalam hidup ini.

Berikut daftar penyakit mematikan yang umum ditemukan seperti diambil dari Top 10 Home remedies yang wajib Anda waspadai:

1. Tekanan darah tinggi

Mereka yang menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah mereka dengan tekanan darah yang menunjukan angka di atas 140/90 mm Hg atau lebih tinggi. Hipertensi biasanya dipicu oleh stress, rokok, asupan garam tinggi, kecemasan, kebiasaan minum alkohol dan kurang gerak. Jika dibiarkan tanpa perawatan, darah tinggi dapat meningkatkan resiko penderitanya terkena serangan jantung dan stroke. Hingga saat ini, serangan jantung adalah penyakit paling mematikan melebihi jumlah angka kematian yang disebabkan oleh penyakit manapun.

2. Hepatitis

Hepatitis adalah kondisi dimana terjadinya peradangan pada hati dan menginfeksi ribuan orang di seluruh dunia. Penyakit yang terdiri dari beberapa jenis, Hepatitis A, B, C, D dan E. Umumnya tidak terbentuk dalam hitungan tahun dan tanpa gejala berarti, namun dalam beberapa kasus juga menyebabkan rasa lelah, nyeri otot, poop berwarna pucat, demam, muntah-muntah dan diare.

3. Diabetes

Ketika sudah terkena diabetes, maka hidup penderitanya tidak akan pernah sama lagi. Perubahan pola hidup adalah keharusan untuk hidup yang lebih baik.
Diabetes yang tak terkendali dapat menyebabkan komplikasi dan berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung, gagal ginjal, amputasi kaki, strike dan pengelihatan yang memburuk.

4. Perlemakan hati

Kondisi ini adalah kondisi dimana hati kesulitan menghancurkan lemak yang kemudian memicu penumpukan lemak. Ada dua jenis perlemakan hati, penyakit hati alkohololik dan non alkoholik. Pada tahap awal, penyakit ini tidak menunjukan gejala awal yang membahayakan. Ketika berlangsung dalam waktu yang lama, lemak yang terakumulasi pada hati kemudian memicu inflamasi dan luka, yang kemudian memicu penyakit yang lebih serius. Penderita kondisi ini umumnya merasakan rasa sakit pada area bagian atas kanan perut, kelelahan, hilangnya nafsu makan, kolesterol tinggi, polycystic ovary syndrome, sleep apnea, diabetes tipe 2, masalah tiroid dan kelenjar pituitari.

5. Kanker kolon

Ditahap awalnya, atau dikenal dengan istilah polip, bukanlah jenis kanker, namun dapat berkembang menjadi sel kanker dalam hitungan tahun. Gejala awalnya yang ditunjukan kanker kolon adalah seperti konstipasi, diare, poop berdarah, rasa sakit pada perut, berat badan yang turun tanpa sebab yang jelas dan beberapa lainnya.

6. Kanker kulit nonmelanoma

Kanker kulit jenis ini terbentuk secara perlahan pada lapisan atas kulit akibat terekspos radiasi sinar ultraviolet dari matahari atau penggunaan sunlamp dan tanning bed. Selain itu, kanker kulit nonmelanoma juga dapat terjadi akibat keturunan. Pria dan mereka yang berumur di atas 40 tahun adalah yang paling beresiko terkena jenis kanker ini.

7. Kanker serviks

Menurut WHO, kanker serviks adalah kanker nomor empat yang paling umum terjadi dan penyebab kematian pada wanita, khususnya di negara-negara berkembang.Kanker ini dipicu oleh human papillomavirus atau HPV yang menyebar melalui kontak s*ksual. Selain itu, mereka yang gemar merokok, suka bergonta-ganti pasangan s*ks, menggunakan pil KB dalam waktu lama adalah mereka yang beresiko tinggi terkena kanker jenis kanker ini.

(ruf/fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!