Hobi Mengunyah Es Batu? Ini yang Salah dengan Anda – Fajar Health
News Update

Hobi Mengunyah Es Batu? Ini yang Salah dengan Anda

FAJAR HEALTH — Tidak ada yang lebih nikmat dari makan es krim di siang hari yang panas dan terik. Jika hal itu sangatlah wajar, namun kebiasaan memakan es batu, apapun kondisi cuacanya, bukan sesuatu yang wajar jika dilihat dari kacamata medis.

Kebiasaan memakan es batu, menurut situs keseheatan HealthLine.com adalah ciri-ciri dari defisiensi gizi atau gangguan makan yang terjadi pada seseorang.

Kondisi kesehatan yang dikaitkan dengan kebiasaan ini, salah satunya adalah anemia defisiensi zat besi. Ketika hal ini terjadi maka tubuh penderitanya akan mulai kekurangan kandungan oksigen di dalam darahnya, menyebabkan tubuh lemah dan kekurangan napas.

Beberapa peneliti berpendapat bahwa kebiasaan memakan es batu dapat membantu mengirimkan lebih banyak darah menuju otak, yang berarti lebih banyak oksigen yang dibutuhkan oleh otak.

Kondisi lainnya yang dapat dikaitkan dengan kebiasaan memakan betu es adalah pica, gangguan makan yang menyebabkan seseorang memakan makanan yang tidak seharusnya dikonsumsi, seperti batu es, tanah, kertas, abu dan beberapa lainnya. Pagophagia juga adalah sub tipe dari pica, sebuah kebiasaan makan yang kompulsif yang melibatkan es, salju atau air.

Perlu dicatat, kebiasaaan memamkan batu es, terlebih mengunyahnya, dapat menyebabkan kerusakan pada enamel gigi, membuat gigi menjadi lebih sensitif terhadap panas atau dingin, juga mengeksposnya pada kerusakan yang dapat memicu terjadinya gigi berlubang.(ruf/fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!