News Update

Anda Berpotensi Alami Penyakit Serius jika Punya Masalah dengan Kesuburan

Pixabay

FAJAR HEALTH — Anda kesulitan membuahi pasangan Anda yang sehat? Jumlah sperma Anda yang rendah bisa menjadi pertanda kondisi kesehatan lain yang Anda derita.

Menurut sebuah studi yang melibatkan 5.177 pria dengan jumlah sperma rendah, 20 persen di antaranya memiliki masalah dengan lemak tubuh, tekanan darah dan kadar kolesterol jahat yang tinggi.

Sebab itu, para peneliti yang terlibat dalam studi ini sangat menganjurkan pria dengan jumlah sperma yang rendah untuk melakukan medical checkup terkait dengan masalah kesehatan lainnya yang mungkin tidak pernah pernah disadari selama ini.

Dalam studi yang melibatkan partisipan pria Italia dengan masalah kesuburan ini, ditemukan bahwa beberapa di antara mereka menderita sindrom metabolik, seperti indeks massa tubuh yang tinggi dan tekanan darah tinggi, yang berpotensi tingkatkan resiko diabetes, penyakit jantung dan stroke di kemudian hari.

Temuan yang nantinya akan dipresentasikan pada ENDO 2018 di Chicago, Amerika Serikat ini juga menemukan bahwa mereka dengan jumlah sperma yang rendah sangat rentan mengalami osteoporosis, sebuah kondisi yang melemahkan tulang dan merapuhkannya, terkait dengan kadar hormon testosterone yang juga rendah.

“Pria yang memiliki masalah kesuburan cenderung memiliki masalah kesehatan atau faktor lain yang beresiko terhadap kualitas hidup yang memperpendek usia mereka,” terang Dr. Alberto Ferlin yang memimpin studi itu seperti dikutip dari BBC.com.

“Evaluasi kesuburan dapat memberikan kesempatan bagi mereka untuk menjaga kesehatan dan mencegah datangnya penyakit,” katanya Dr. Ferlin menekankan betapa pentingnya untuk melakukan medical checkup jika Anda memiliki masalah dengan kesuburan.

Akan tetapi, para peneliti menekankan bahwa studi mereka tidak membuktikan bahwa jumlah sperma yang rendah berpotensi sebabkan gangguan metabolik, akan tetapi lebih kepada kaitan antara keduanya.

Untuk lebih mendalami masalah ini, Allan Pacey, professor of andrology dari University of Sheffield mengatakan perlu dilakukannya studi yang lebih lanjut.(ruf/fajar)

Waspadai 5 Perubahan pada Penis Anda, Fatal jika Terabaikan!

11 Jenis makanan dan Minuman yang Pantang Dikonsumsi Wanita Hamil

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!