Kaitan antara Rasa Cemas Berlebih dengan Terbentuknya Kanker – Fajar Health
Warning

Kaitan antara Rasa Cemas Berlebih dengan Terbentuknya Kanker

FAJAR HEALTH – Terlalu banyak pikiran tidak hanya merusak seseorang secara mental. Mereka yang dirundung rasa cemas berlebihan beresiko tinggi meninggal dunia akibat kanker.

Demikian hasil sebuah studi yang dirilis pada European College of Neuropsychopharmacology Congress. Kesimpulan tersebut diambil berdasarkan analisa data yang dilakukan atas 15 ribu warga Inggris dalam kurun 15 tahun terakhir.

Dari data itu, ditemukan bahwa pria dengan gangguan kecemasan berpotensi dua kali lipat terkena kanker yang berujung dengan kematian dibandingkan mereka yang tidak memiliki masalah dengan kecemasan.

Kecemasan yang tak kunjung ada hentinya juga bertanggungjawab atas peningkatan hormon stress, kata Olivia Remes, Ph.D. Dari University of Cambridge selaku author studi tersebut.

Akibat hal itu, sel tubuh kehilangan kemampuannya untuk memperbaiki DNA yang rusak, memberikan peluang bagi sel kanker untuk membentuk diri, sekaligus mempercepat pertumbuhan tumor dan mutasi kanker.

Gangguan ini dikarakterisasikan sebagai obsessive and uncontrollable worry (kecemasan obsesif dan tak terkontrol), sebuah kondisi mental yang sangat serius, menyebabkan penderitanya kesulitan untuk fokus dan tidur.

Remes mengaku, untuk menentukan apakah dengan mengobati kecemasan dapat berpengaruh terhadap penurunan terbentuknya sel kanker dalam tubuh penderitanya, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Jika kecemasan merundung anda, carilah cara untuk menguranginya dengan berkumpul dengan teman atau fokus dengan pekerjaan. Membuat janji dengan dokter sepertinya pilihan terbaik.

(ruf/fajar)

Sumber: MensHealth.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!