Stress? Atasi dengan 3 Langkah Simpel Berikut

by -1 views
Creativeart / Freepik.com

FAJAR HEALTH – Anda merasa stress karena pekerjaan atau merasa gelisah karena suatu masalah? Jangan sakiti diri Anda sendiri dengan terlalu berlama-lama dalam situasi tidak mengenakan ini.

Berikut tiga cara simpel yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan hari-hari Anda menjadi lebih berwarna:

1. Tertawalah

Anda akan sulit merasakan gelisah jika sudah tertawa. Mengapa tertawa membuat kita merasa lebih relaks adalah karena asupan oksigen yang masuk ke dalam tubuh dan otak ketika seseorang mulai tertawa.

Dengan tertawa, Anda dapat menstimulasi dan meredakan respon stress di otak Anda. Tidak hanya itu, tertawa yang menjadi sebuah kebiasaan juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga suasana hati agar tetap stabil.

Tontonlah acara televisi film komedi untuk memancing tawa dari dalam diri Anda. Jika Anda memiliki teman yang lucu, kumpulah dengan mereka bersosialisasi bersama teman yang menyenangkan membantu Anda dari perasaan tertekan.

2. Ambil nafas dalam-dalam

Stress atau perasaan tertekan menyerang sistem saraf simpatetik Anda dan menekan tombol ON kemudian “terbakar”. Dalam kondisi ini, jantung akan berdetak kencang, nafas tidak teratur dan mengakibatkan pengerutan dalam pembuluh darah.

Dengan belajar mengendalikan nafas Anda, dapat mengaktifkan sistem saraf parasimpatetik, yang bertanggung jawab atas relaksasi tubuh Anda.

Tujuan dari teknik pernafasan adalah untuk memfokuskan Anda pada nafas itu sendiri, membuatnya pendek dan kemudian ditarik dalam-dalam. Ketika Anda bernafas dalam-dalam melalui hidung, paru-paru akan mulai mengembang dan lingkar perut pun bertambah.

Hal ini dipercaya efektif dalam menurunkan detak jantung menjadi lebih stabil dan mengembalikan suasana hati menjadi lebih damai.

3. Tenangkan diri Anda dengan musik yang damai

Mendengarkan alunan musik yang damai dapat memberikan efek relaksasi bagi tubuh dan membantu menurunkan tekanan darah dan detak jantung dan tidak ketinggalan, hormon stress Anda.

Musik klasik adalah pilihan yang paling tepat untuk Anda. Anda juga bisa menggantinya dengan suara alam sesekali. Inilah alasan mengapa bepergian dari pengatnya perkotaan dan beristirahat di daerah pegunungan yang sunyi dapat memberikan efek tersendri bagi otak Anda.

(ruf/fajar)

Sumber: Authority Nutrition

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *