News Update

Ciri-ciri Tulang Kropos yang Muncul Dini, Kenali Sebelum Terlambat

Foto: Yanalya / Freepik.com

FAJAR HEALTH – Sebagian orang mungkin menganggap osteoporisis (tulang keropos) sebagai masalah mereka para manula saja. Kendati masalah pada tulang seperti tulang pinggang, belakang dan lengan bagian bawah inikerap terjadi pada mereka yang berusia 65 tahun ke atas, namun yang mendasarinya terjadi lebih awal dari yang dikira. 

Dengan kata lain, untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan dengan tulang, semuanya harus dimulai jauh-jauh hari, bukan di saat semuanya sudah terlambat. 

Perlu diketahui, jika dalam keluarga Anda, baik ibu atau nenek memiliki masalah dengan osteoporosis, maka ada kemungkinan hal itu juga akan terjadi pada Anda.  

Sebab itu, penting untuk mendeteksinya sejak dini, diikuti dengan upaya pencegahan. Berikut yang perlu Anda ketahui seperti diambil dari Prevention.com:

1. Kuku Anda mudah patah

Kuku patah bukanlah hal yang abnormal. Namun ketika terjadi terlalu sering, itu dapat menandakan tulang yang sama rapuhnya. Beberapa studi menyebutkan bahwa pada orang yang memiliki kadar kolagen (protein penguat) pada bagian kuku juga menandakan kurangnya kolagen pada tulang. Sementara pada kuku yang lemah menandakan bahwa mereka kekurangan kalsium, yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk tulang. 

Solusi:

Tingkatkan konsumsi makanan yang kaya akan kalsium seperti susu, yogurt, keju cottage, buah kale, brokoli dan sarden, selain juga bisa melalui suplemen vitamin D. 

2. Gusi Anda kendur

Tulang rahang Anda berfungsi sebagai penyokong gigi. Dan seperti halnya tulang lainnya, tulang rahang juga dapat melemah. Ketika hal itu terjadi, gusi anda akan mulai melemah dan dapat menyebabkan tanggalnya gigi. 

Solusi: 

Kunjungi dokter gigi dan konsultasikan masalah anda pada dokter. Berikan informasi tentang histori osteoporosis di keluarga Anda serta riwayat kesehatanseperti kebiasaan merokok, penggunaan obat seperti steroid atau defisiensi kalsium yang mungkin Anda alami sebagai referesi. 

3. Anda kehilangan kemampuan menggenggam

Jika Anda mengalami kesulitan memutar, menekan atau mendorong gagang pintu, tulang Anda adalah penyebabnya. 

Solusi: 

Anda perlu menambah massa otot dan keseimbangan. Mulai mengambil sesi di gym, kalau bisa dengan support personal trainer untuk menghindari cidera yang tidak diinginkan. Yoga dan tai chi juga baik untuk meningkatkan keseimbangan dengan membangun kekuatan tubuh, fleksibilitas, gerakan dan refleks. 

4. Jantung Anda berdebar-debar

Pada keadaan normal, detak jantung orang di saat tidak melakukan kegiatan apa-apa adalah (resting heart rate) sekitar 60 hingga 100 kali per menitnya. Namun pada jantung yang berdetak 80 kali per menit disaat tidak melakukan apa-apa, berpotensi terkena gangguan pada pinggul, panggul dan tulang belakang.

Solusi: 

Pertama, kenali terlebih dahulu detak jantung Anda. Gunakan stopwatch (cek smartphone anda) dan hitung berapa banyak detak jantung anda dalam 15 detik, kalikan empat. Itu adalah resting heart rate anda. Jika lebih tinggi dari 80, sudah waktunya anda merubah pola hidup Anda. Olahraga seperti berjalan, berlari, tenis, berdansa atau aerobik dapat membantu Anda mengatasi masalah ini.

(ruf/fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!