News Update

Ciri-ciri Hiperaktif pada Orang Dewasa

Pixabay

FAJAR HEALTH – Tahukah Anda bahwa Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) atau hiperaktif tidaknya diderita orang di masa kecilnya, namun dapat bertahan hingga dewasa?

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan konsentrasi dalam aktivitas harian dan kerap ceroboh, mungkin Anda ingin mengetahui lebih dalam tentang ADHD pada orang dewasa, dengan demikian, Anda dapat meminta bantuan dokter kondisi yang selama ini tidak disadari tersebut. 

Berikut ciri-ciri jelasnya seperti diambil dari WomensHealthMag.com:

1. Ceroboh dan buruk dalam manajemen waktu

ADHD pada orang dewasa dan anak memiliki sedikit perbedaan. Pada orang dewasa, penderita ADHD menunjukan gejala seperti: tidak bisa berdiam diri, ceroboh dalam bekerja, kesulitan mengatur waktu, tidak tahu kapan harus gantian berbicara ketika ngobrol dan emosional. Menurut spesialis ADHD, Patricia Quinn, M.D., pada suatu kesempatan, Anda mungkin merasakan beberapa hal di atas. Namun bagi penderita ADHD dewasa, hal ini terjadi secara konstan dan pada tiap kesempatan. 

2. Tidak fokus

Contoh: Atasan Anda menyuruh Anda untuk membersihkan meja anda yang berantakan. Anda tidak dalam posisi stress atau terganggu oleh hal lain. Anda memiliki banyak waktu untuk menyelesaikannya. Pada orang normal, hal ini bisa dikerjakan dengan mudah, bahkan punya banyak waktu untuk mengerjakan hal lain. Bagi penderita ADHD, mereka biasanya akan melakukan hal di luar yang diperintahkan. Mungkin dengan membeli hiasan tanaman meja atau hal lainnya. Bukannya menyelesaikan apa yang diperintahkan, justru malah menambah pekerjaan. 

3. Kerap gelisah

Hasil studi Torornto, Kanada menemukan 1/3 wanita dengan ADHD juga mengalami anxiety disorder atau cenderung merasa gelisah dan setengah di antaranya punya kecenderungan melakukan bunuh diri. Menurut Quinn, hal ini tidak mengagetkan, karena orang dewasa dengan ADHD cenderung mudah untuk merasakan frustasi dan merasa rendah diri. Karenanya, penting bagi orang dewasa dengan ADHD untuk mengkonsultasikan masalahnya dengan dokter ahli.

(ruf/fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!