News Update

Konsumsi Ini Agar Tidak Mudah Terserang Flu

Pixabay

FAJAR HEALTH – Setiap tahunnya miliaran orang di dunia terkena flu yang disebabkan lebih dari 200 jenis virus yang berbeda. Tidak hanya menyebalkan, flu juga kerap mengganggu aktifitas harian. 

Menurut laman Prevention, flu yang dibiarkan tanpa perawatan, dalam kondisi tertentu, dapat berkembang menjadi kondisi yang lebih buruk seperti pneunomia, infeksi telinga atau serangan asma. 

Karenanya, penting untuk menjaga kesehatan dan pola makan agar terhindar dari flu yang mengganggu, terlebih dengan kondisi cuaca yang tidak ramah seperti sekarang ini. 

Simak beberapa jenis makanan dan minuman yang berkhasiat mendorong sistem kekebalan tubuh dan tidak mudah terserang flu seperti yang direkomendasikan oleh James A. Duke, PhD, penulis dari buku The Green Pharmacy Guide to Healing Foods:

1. Lada hitam dan jahe

Campuran antara lada hitam dengan jahe dan cuka apel sudah menjadi resep herbal populer dalam mengatasi flu. Kandung piperine yang dimiliki lada hitam  memiliki sifat anti demam dan memiliki sifat pereda rasa sakit. Sementara zat kimia berna sesquiterpene pada jahe mampu memerangi rhinoviruses, jenis virus yang umumnya menyebabkan flu. 

2. Buah sitrus

Vitamin C dapat dengan mudah ditemukan pada beberapa jenis buah sitrus seperti, jeruk biasa, jeruk mandarin, jeruk bali, jeruk nipis dan beberapa buah lainnya. Kandungan antioksidan yang dimilikinya mampu mengurangi gejala yang disebabkan flu sekitar 23 persen. 

3. Sup ayam

Tidak ada data yang akurat mengenai bahan apa dari sup ayam memiliki manfaat dalam meredakan flu. Namun para peneliti meyakini bahwa kombinasi dari sayuran dan ayam pada sup memiliki sifat yang meredakan. 

4. Yogurt

Yogurt mengandung bakteri baik bernama Lactobacillus reuteri yang mampu mencegah virus jahat penyebab flu untuk memperbanyak diri. Karena tidak semua yogurt memiliki khasiat yang sama, maka pilihlah yogurt yang mengandung Lactobacillus reuteri untuk mendapatkan manfaatnya. 

5. Anggur merah 

Kandungan resveratrol dan polifeno pada anggur merah memiliki manfaat yang serupa dengan bakteri yang terdapat dalam yogurt. Bagi anda yang tidak mengkonsumsi anggur, dapat menggantinya dengan mengkonsumsi daun anggur, yang juga kaya akan resveratrol.

(ruf/fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!