Derita Penyakit Langka, Tubuh Wanita Ini Bau Amis Seperti Ikan

by -3 views

FAJAR HEALTH — Connie Christy, pengajar berusia 43 ini memiliki gangguan genetika yang membuat tubuhnya kerap mengeluarkan aroma menyengat yang mempengaruhi napas, keringat dan urinnya. 

Penyakit langka ini sendiri disebabkan oleh mutasi yang terjadi pada gen FM03, yang berfungsi untuk mengurai trimethylamine. Tanpa gen itu, penumpukan senyawa trimethylamine pada tubuh dapat memicu munculnya bau amis mirip ikan. 

Parahnya lagi, Connie mengaku baru menyadari kondisi ini ketika usianya menginjak 19 tahun, lantaran dirinya tidak mampu mencium sendiri bau amis yang dikeluarkan oleh tubuhnya, itu pun melalui mulut orang tuanya dan seorang suster yang menjelaskan tentang kondisi tersebut. 

“Saya sendiri tidak menyadari bau ini, hal itu membuat saya kaget,”  kata Connie seperti dikutip dari Metro.co.uk.

Menurut dia, bau amis yang membuatnya dijuluki “Connie Si Tuna” itu dapat muncul beberapa kali dalam sebulan. Namun untuk mengetahuinya, ia mengandalkan orang-orang terdekatnya, suami, kedua putranya, teman-temannya untuk memberitahunya jika aroma tak sedap itu datang kembali. 

foto: SWNS

Untungnya, bau tak sedap yang tidak dapat hilang dengan mandi itu akhirnya sirna. Menurut Connie, semenjak mengkonsumsi suplemen probiobtik Plexus ProBio5 dan Biocleanse, dirinya mulai mendapatkan kepercayaan diri yang selama ini tidak pernah ia dapatkan.

“Setelah 4 bulan mengkonsumsi (suplemen di atas) dan makan kaki kepiting (makanan kesukaannya yang kerap memicu bau amis dalam beberapa waktu usai disantap) saya bertanya pada suami (apakah bau itu muncul lagi) ternyata tidak,” ungkapnya.

“Anak saya juga (mengatkan hal yang sama). Saya pun menangis (bahagia). Kini saya jadi percaya diri untuk berbicara dengan orang lain,” ucap wanita yang juga jadi lebih pede berbagi tentang kisahnya itu.(ruf/fajar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *