News Update

Kerap Lelah, Sulit Konsentrasi, Badan Cekat-cekot? Waspadai Kondisi Ini

Foto: Melodi2 / Freeimages.com

FAJAR HEALTH — Salah satu ciri khas dari chronic fatigue syndrome (CFS) atau sindrom kelelahan kronis adalah kelelahan yang teramat sangat yang dirasakan penderitanya. 

Kedokteran sendiri belum mampu mendeskripsikan penyebab dari penyakit ini. Seperti halnya kanker, CFS juga seringkali sulit untuk terdeteksi, kata Jennifer Caudle, DO, dokter keluarga yang juga asisten profesor di Rowan School of Osteopathic Medicine di New Jersey.

Menurut dia, CFS dapat terjadi pada siapa saja tanpa memandang etnis, ras dan tingkat sosial, namun menurut CDC, wanita memiliki resiko 4 kali lebih tinggi jika dibanding dengan pria. 

Berikut beberapa gejala umum CFS selain kelelahan, seperti diambil dari Prevention.com:

1. Anda kesulitan untuk tidur atau sulit untuk tetap tidur

80 persen penderita CFS melaporkan hal ini. Meski mereka kelelahan, namun kesulitan untuk memejamkan mata dan mudah terbangun saat tertidur.

2. Anda sulit berkonsentrasi

Selain kelelahan yang teramat sangat, salah satu gejala lainnya adalah mudah lupa, sulit berkonsentrasi dan sangat mudah sekali teralihkan oleh hal lain. 

3. Kesulitan berdiri tegak

CFS dapat menyebabkan penderitanya kesulitan untuk berdiri tegak. Meski belum dapat dijelaskan secara gamblang, para ahli berpendapat bahwa CFS dapat menyebabkan intoleransi orthostatic, yang mempengaruhi penurunan aliran darah pada otak. 

4. Badan sakit di sekujur tubuh

Para penderita CFS melaporkan munculnya rasa sakit seperti pada kepala, persendian, otot dan bahkan tenggorokan. Rasa sakit ini tidak ditandai dengan kemerahan juga pembengkakan, 

(ruf/fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!