Manfaat Konsumsi Dark Chocolate Secara Rutin – Fajar Health
Healthy Foods

Manfaat Konsumsi Dark Chocolate Secara Rutin

Pixabay

FAJAR HEALTH — Menurut sebuah studi, mengkonsumsi sedikit coklat setiap harinya dapat mengurangi resiko seseorang terkena diabetes dan penyakit jantung. Demikian menurut temuan Profesor Saverio Stranges yang dirilis pada British Journal of Nutrition.

Selama ini coklat selalu dipersepsikan sebagai makan hanya dimakan dalam waktu tertentu karena kadar lemak dan gula yang terkandung di dalamnya, karena jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti kerusakan pada gigi dan obesitas.

Menurut Medical News Today, studi ini justru menyarankan untuk mengkonsumsinya secara rutin. Konsumsi coklat dalam jumlah yang cukup disebut dapat memberikan benefit bagi kesehatan seseorang, terlebih konsumsi jenis dark chocolate.

Dark chocolate diketahui memiliki kadar kokoa yang paling tinggi dari jenis coklat yang ada. Itu berarti, jenis coklat ini memiliki kadar antioksidan yang tinggi atau lebih tepatnya flavonoid, sebuah molekul yang dapat mencegah terjadinya kerusakan pada sel tubuh.

Dalam penelitian mereka, Profesor Sranges dan kolega menganalisa konsumsi coklat dari 1.153 orang dari umur 18-69 yang mengambil bagian dari studi Observation of Cardiovascular Risk di Luxemburg.

Data dari asupan coklat dikumpulkan dari para patisipan melalui kuesioner. Tim peneliti juga mempelajari bagaimana kaitan antara asupan dark chocolate dengan resistensi insulin, sebuah kondisi yang sering dikatikan dengan diabetes tipe 2 dan gangguan jantung.

Mereka juga menilai bagaimana konsumsi dark chocolate dalam mempengaruhi kadar enzim pada lambung. Para peneliti menemukam bahwa 81,8 persen dari partisipan studi yaang mengkonsumsi coklat, dengan 24, 8 gram per harinya dengan mereka yang tidak setiap hari mengkonsumsi dark chocolate, memiliki kadar enzim lambung yang lebih tinggi. 

Diketahui pula, partisipan yang mengkonsumsi dark chocolate juga diketahui memiliki karakteristik yang lebih aktif secara fisik, lebih muda dan lebih terpelajar ketimbang mereka yang tidak mengkonsumsi coklat hitam itu.(ruf/fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!