Manfaat Konsumsi Lemak Sehat dan Cara Mendapatkannya – Fajar Health
Healthy Foods

Manfaat Konsumsi Lemak Sehat dan Cara Mendapatkannya

Pixabay

FAJAR HEALTH — Agar dapat bekerja secara normal seperti menyerap vitamin, memiliki energi, melindungi organ, memastikan keseimbangan hormon, tubuh memerlukan fungsi dari lemak di dalam tubuh. 

Namun sayanganya, tidak semua lemak diciptakan setara. Lemak jenuh dan lemak trans (yang dapat ditemukan pada daging, produk susu dan beberapa jenis makanan olahan) dapat meningkatkan kadar LDL atau kolestrol jahat dalam tubuh. 

Berbeda dengan lemak jahat, lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh jamak dapat membantu tubuh menurunkan kadar LDL, tekanan darah, meningkatkan sensitifitas insulin dan melindungi jantung, khususnya asam lemak omega-3.

Tidak hanya dapat meningkatkan produksi lemak baik/sehat atau HDL, konsumsi lemak tak jenuh jamak dan tunggal, juga dapat mengurangi resiko kebutaan yang disebabkan oleh penyakit kronis seperti diabetes. 

Ingin merasakan manfaat sehatnya? Berikut beberapa jenis makanan kaya akan lemak baik yang dibutuhkan tubuh seperti diambil dari Fitnessmagazine.com:

1. Alpukat

Tahukah Anda jika alpukat adalah satu-satunya buah yang mengandung lemak baik? Selain itu, alpukat juga kaya akan serat, antioksidan, dan hampir 20 jenis vitamin dan mineral,

Buah yang satu ini kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal dan serat, dua nutrien yang membantu menurunkan LDL dan meningkatkan HDL (kolesterol baik).

2. Ikan

American Heart Association merekomendasikan untuk mengkonsumsi jenis seafood ini setidaknya dua minggu sekali. Salmon kaya akan asam lemak omega-3, lemak yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan hanya didapati dari asupan makanan. 

Bagi Anda yang tidak terlalu suka dengan ikan salmon, dapat menggantinya dengan konsumsi jenis ikan lainnya seperti tuna, herring, mackarel atau sarden.

3. Minyak zaitun

Tahukah Anda hanya dengan 10 gram minyak zaitunl, Snda dapat merasakan manfaat sehat dari lemak tak jenuh tunggal? Anda dapat menggunakannya pada dressing salad, atau sebagai ganti margarine di roti anda atau tambahkan pada pasta yang Anda konsumsi. 

(ruf/fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!