Bahaya Konsumsi Daging Ikan Mentah bagi Sebagian Orang – Fajar Health
Warning

Bahaya Konsumsi Daging Ikan Mentah bagi Sebagian Orang

Pixabay

FAJAR HEALTH — Ada beberapa alasan mengapa orang mengolah ikan sebelum di makan ketimbang mengkonsumsinya mentah-mentah. 

Salah satu alasan utamanya adalah untuk membunuh bakteri dan parasit yang terdapat pada daging ikan mentah. 

Kendati demikian, ternyata tidak sedikit orang yang lebih prefer mengkonsumsi ikan dalam kondisi mentah, khususnya mereka yang hobi memakan sushi dan sashimi. 

Selain sushi dan sashimi, ikan mentah juga sering digunakan sebagai santapan orang-orang di negara lain untuk beberapa hidangan seperti poke, ceviche, carpcaccio, Koi pla dan hering saus dan beberapa lainnya. 

Namun amankah mengkonsumsi daging ikan dalam keadaan mentah? Berikut beberapa hal yang dapat terjadi pada mereka yang gemar makan ikan mentah seperti diambil dari prevention: 

1. Infeksi parasit

2. Infeksi bakteri

3. Opisthorchiasis

4. Terkena Cacing pita

5. Terkena Cacing gelang

Lalu siapa sajakah yang rentah terhadap beberapa kondisi di atas? Mereka dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah sangat tidak dianjurkan mengkonsumsi jenis makanan jenis ini. 

Selain itu, wanita hamil juga amat disarankan untuk menghindari beberapa jenis makanan yang menawarkan ikan mentah untuk menghindari infeksi Listeria yang dapat berujung kematian.(ruf/fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!