Konsumsi Buah Dalam Jumlah Banyak dan Kaitannya dengan Diabetes – Fajar Health
News Update

Konsumsi Buah Dalam Jumlah Banyak dan Kaitannya dengan Diabetes

FAJAR HEA Buah adalah bagian penting dari diet sehat. Malahan, diet yang mengedepankan buah-buahan dikaitkan dengan sejumalah manfaat kesehatan bagi tubuh dan mengurangi resiko seseorang terkena beberapa jenis penyakit.

Namun bagi sebagian orang, mengkonsumsi buah memunculkan kekhawatirkan tersendiri akibat kandungan gula yang dimilikinya. Lalu apakah ini berarti konsumsi buah itu berbahaya terhadap kesehatan terlebih ketika dikonsumsi berlebih?

Well, yang perlu disadari adalah konsumsi buah dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan tubuh akan serat selain beberapa jenis vitamin yang esensial bagi tubuh serta antioksidan yang berfungsi melawan radikal bebas.

Terkait dengan kandungan gula yang ditakutkan berkontribusi terhadap penyakit gula, justru tidak benar adanya. Malahan, menurut Authority Nutrition, diet buah sangat dianjurkan bagi mereka dengan masalah gula atau diabetes.

Hal ini diperkuat oleh beberapa studi yang menunjukan bahwa konsumsi gula yang didapat dari buah hanya memberikan sedikit efek terhadap kadar gula dalam darah.

Yang ada justru, dengan konsumsi buah, khususnya yang tinggi akan serat dan memiliki kandungan polifenol, dapat membantu tubuh dalam memperlambar penyerapan gula dan meningkatkan kontrol gula dalam darah.

Beberapa buah dengan serat dan polifenol yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh adalah seperti dari nanas, jambu semarang, rambutan, lechi, jambu biji, mangga dan beberapa lainnya.

Lalu berapa banyak konsumsi buah yang dianjurkan dalam seharinya?

Menurut rekomendasi ahli, konsumsi buah yang dianjurkan dalam seharinya adalah sekitar 400 gram atau 5 buah dari setiap 80 gram. 80 gram bisa diasumsikan sebagai buah sebesar bola tenis

Rekomendasi ini berdasarkan fakta bahwa mengkonsumsi 400 gram atau 5 buah setiap harinya berkaitan dengan rendahnya angka kematian akibat masalah kesehatan seperti penyakit jantung, stroke dan kanker.(ruf/fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!