Hindari Konsumsi Jahe jika Punya Kondisi Ini – Fajar Health
Warning

Hindari Konsumsi Jahe jika Punya Kondisi Ini

Foto: pixabay

FAJAR HEALTH – Siapa yang tak kenal dengan jahe, senyawa bioaktif yang terkandung di dalamnya, menawarkan begitu banyak manfaat sehat bagi tubuh yang mengkonsumsinya.

Kendati demikian, tanaman herbal yang satu ini tak selamanya aman untuk dikonsumsi oleh semua orang, khususnya mereka dengan kondisi kesehatan atau fisik tertentu.

Berikut siapa saja yang pantang mengkonsumsi baik makanan atau minuman berbasis atau berhahan jahe seperti diambil dari Fit Hacker:

  1. Ibu Hamil

Jahe adalah stimulan yang dapat membantu sistem pencernaan dan menjaga kesehatan otot. Namun jika dikonsumsi saat hamil, hal ini dapat menyebabkan (meski kemungkinannya kecil) kontraksi dan kelahiran bayo secara prematur. Dokter sangat melarang konsumsi jahe terlebih pada trisemester terakhir.

  1. Punya kelainan darah

Salah satu fungsi jahe adalah menstimulasi sirkulasi darah, karenanya konsumsi jahe sangat baik bagi mereka yang menderita diabetes, obesitas dan penyakit Raynaud. Namun bagi penderita hemofilia (darah sulit membeku ketika terjadi luka), konsumsi jahe dapat berakibat fatal.

  1. Mereka yang bertubuh kurus

Jika Anda memiliki berat badan kurus, jangan konsumsi baik makanan atau minuman yang menggunakan jahe di dalamnya. Perlu disadari bahwa konsumi jahe dapat meningkatkan kadar pH tubuh dan produksi enzim pada sistem pencernaan. Hal ini dapat mengurangi nafsu makan dan meningkatkan proses pembakaran lemak. Alhasil, bobot badan akan semakin menurun, rambut rontok dan bagi wanita akan mengalami gangguan pada jadwal menstruasinya.

(ruf/fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!