Beberapa Jenis Penyakit yang Tumbuh di Area Kewanitaan – Fajar Health
Warning

Beberapa Jenis Penyakit yang Tumbuh di Area Kewanitaan

FAJAR HEALTH – Merawat kesehatan organ intim tidak pernah mudah bagi wanita. Dalam proses perawatan, justru terkadang berujung pada masalah kesehatan yang tidak pernah diinginkan.

Sebut saja iritasi, ruam hingga gatal-gatal adalah beberapa kondisi yang bisa terjadi. Gagal mengenali kondisi yang disebabkan oleh hal ini bahkan terkadang menyebabkan ketakutan tersendiri bagi kaum hawa.

Sebab itu, mengenali perubahan yang terjadi pada area kewanitaan itu sangat penting untuk anda lakukan. Berikut beberapa perubahan pada vagina yang perlu anda ketahui seperti diambil dari Prevention:

1. Kista Bartholin
Juga dikenal dengan nama Bartholinits, kondisi ini terjadi ketika kelenjar yang terdapat pada pembukaan vagina tersumbat, menyebabkan cairan yang biasanya keluar melaluinya kembali lagi menuju ke dalam kelenjar. Kondisi ini dapat dikenali sebagai benjolan kecil dan menyakitkan. Kompres air hangat dan bantuan medikasi dapat membantu Anda mengatasi kondisi ini.

2. Syringoma
Benjolan yang bentuknya lebih kecil dari kista Bartholin ini disebabkan oleh penyumbatan saluran keringat dan muncul di atas area vagina. Jangan mencoba mengobatinya sendiri. Kunjungi dokter untuk perawatan.

3. Ingrown hair
Jika Anda gemar merapikan daerah kewanitaan anda dengan mencukur, wax atau dengan grooming, pada suatu titik, ini dapat meningkatkan resiko Anda mengalami ingrown hair (rambut yang tumbuh ke dalam, seperti halnya kuku jempol kaki). Selalu pastikan bahwa kulit anda selalu bersih sebelum melakukan aktifitas di atas. Kulit bersih dapat mengurangi resiko tumbuhnya jerawat dan ingrown hair.

4. Tumbuh tahi lalat
Kanker vagina adalah langka terjadi. Namun jika Anda menemukan munculnya tanda seperti tahi lalat pada bagian dalam daerah kewanitaan Anda, tidak perlu panik, mungkin tidak seperti yang Anda takutkan. Namun jika tahi lalat ini memiliki multi warna, gatal dan ukurannya bertambah besar seiring waktu, itu tanda Anda harus segera memeriksakan kondisi Anda.

(ruf/fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!