Kaya Antioksidan Melebihi Jahe, Ini 7 Khasiat Kayu Manis

by -3 views

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Rempah kayu manis biasanya dijadikan penyedap dalam masakan sehari-hari. Rasanya khas yaitu manis dan hangat. Biasanya sering digunakan dalam makanan manis atau penutup seperti pie atau puding. Selain itu kayu manis juga bisa memberikan manfaat bagi kesehatan.

Dilansir dari Care2, Jumat (11/1), kayu manis adalah sumber mangan dan kalsium yang sangat baik serta memiliki banyak vitamin dan mineral lainnya. Kayu manis bisa dikonsumsi dalam bentuk batang atau bubuk.

Simpan kayu manis dalam wadah kaca yang tertutup rapat di tempat yang kering dan suhu ruang. Kayu manis bisa bertahan hingga 1 tahun. Lalu cara memasaknya bisa dengan menyeduhnya bersama dengan teh atau bisa digunakan dalam makanan seperti biskuit, kue dan puding. Lalu apa saja manfaatnya?

  1. Turunkan Kadar Gula Darah

Bermanfaat sebagai antidiabetes. Bumbu ini memiliki khasiat untuk membantu menurunkan kadar gula darah. Sejumlah penelitian telah menyimpulkan bahwa kayu manis dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes hingga 10-29 persen. Ada senyawa dalam kayu manis yang meniru insulin yang membantu penerimaan glukosa oleh sel. Kayu manis memperlambat pemecahan karbohidrat dalam saluran pencernaan.

  1. Mengurangi Kolesterol Jahat

Dalam sebuah penelitian dengan pasien diabetes tipe II, kayu manis mengurangi kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik seperti diteliti oleh College of Pharmacy.

  1. Kaya Antioksidan Melebihi Jahe

Antioksidan melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif. Dalam studi, kayu manis memiliki antioksidan paling banyak bahkan lebih banyak daripada bawang putih dan oregano. Dalam percobaan lain menggunakan ekstrak lada hitam, jahe, kunyit dan kayu manis, lagi-lagi kayu manis ditemukan memiliki kadar antioksidan tertinggi.

  1. Mengobati Infeksi Saluran Pernapasan

Telah ditemukan minyak kayu manis dapat mengobati infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh jamur.

  1. Cegah Kerusakan Gigi

Studi menunjukkan potensi minyak kayu manis lebih baik dibandingkan minyak cengkeh dalam perawatan gigi berlubang. Hal itu diteliti oleh Amity University, Noida, India.

  1. Bermanfaat untuk Otak

Kayu manis mencegah penyakit Alzheimer dan mengurangi sumbatan di otak.

  1. Lawan Kanker

Ada banyak penelitian yang dilakukan pada hewan, bahwa kayu manis melawan kanker.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Kayu manis memang memiliki kumarin yang juga ditemukan pada peppermint, seledri, madu dan wortel, yang dapat menyebabkan kerusakan hati pada beberapa orang yang sensitif. Namun kandungannya sangat kecil sehingga efek sampingnya kecil. Maka jangan berlebihan mengonsumsinya, asal secukupnya saja.

(JPC)

About Author: Makruf

Gravatar Image
Kontak saya di HP: 087787353581 | Email: Ruffy81m6@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *